Guru SDN 5 Tulehu ‘Geruduk’ Kantor Kejati Maluku – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Guru SDN 5 Tulehu ‘Geruduk’ Kantor Kejati Maluku

Rakyatmaluku.com – SEJUMLAH guru dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Tulehu, Kabupaten Ma­luku Tengah (Malteng) meng­geruduk Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, Senin, 10 April 2017, sekitar pukul 11.00 WIT. Menurut Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Maluku, Samy Sapulette, kedatangan guru-guru tersebut untuk mempertanyakan perkembangan penanganan perkara dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolah setempat.

“Ada sekitar 10 guru dari SDN 5 Tulehu datang di Kantor Kejati Maluku hanya untuk mempertanyakan status laporan dugaan tindak pidana korupsi dana BOS tahun 2016 di sekolah mereka,” ucap Samy, kepada wartawan, di ruang pers Kejati Maluku, kemarin.

Menurut sejumlah guru-guru ter­sebut, kata Samy, laporan yang telah resmi masuk di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon sejak tahun 2016 lalu, hingga saat ini tidak ditindaklanjuti. Sehingga mereka meminta agar penanganan perkaranya dialihkan ke Kejati Maluku untuk ditindaklanjuti.

“Karena mereka (guru) meminta agar penanganan perkaranya dialihkan dari Kejari Ambon ke Kejati Maluku, maka dalam waktu dekat kami akan berkordinasi dengan pihak Kejari Ambon untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kasusnya,” kata Samy.

Dijelaskan, sejumlah guru-guru SDN 5 Tulehu tersebut resmi melaporkan adanya dugaan penggelapan dana BOS di sekolah mereka ke Kejari Ambon lantaran pencairan dana BOS selalu dilakukan pada hari libur oleh kepala sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga diduga melakukan pemalsuan tanda tangan sejumlah guru tersebut.

“Dari pengakuan guru-guru ini bahwa pencairan dana BOS selalu dilakukan pada hari libur oleh kepala sekolah. Dan tanda tangan mereka (guru) juga diduga dipalsukan oleh kepala sekolah,” jelas Samy. (RIO)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top