PLN Buka Peluang Untuk Pelajar Jadi Pegawai PLN – Rakyat Maluku
PRO-BISNIS

PLN Buka Peluang Untuk Pelajar Jadi Pegawai PLN

Eddy Irawan

Rakyatmaluku.com – PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara membuka kesempatan kepada putra-putri Maluku yang ingin menjadi pegawai PLN agar segera mendaftarkan diri mengikuti pendidikan khusus di bidang elektro melalui jalur Program Kerjasama D III pada Kampus Politeknik Ambon. Pendaftaran Program D III ini dibuka mulai hari ini Senin, (10/4/17) di Kampus Politeknik, Poka, Ambon.

Demikian hal ini disampaikan Manager Sumber Daya Manusia (SDM) PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara Eddy Irawan kepada Koran Rakyat Maluku, kemarin. “Iya, pembukaannya dimulai Senin (10/4/17) di Kampus Politeknik, Poka, Ambon. Ini peluang bagi putra-putri di Maluku yang tamatan SMA dan sederajat untuk bisa mendaftarkan diri mereka. Mudah-mudahan kalau mereka lolos dan bisa diterima mengikuti kuliah di Politeknik untuk jurusan elektro mereka bisa diangkat menjadi pegawai PLN,” ujar Eddy Irawan.

Dikatakan, persyaratan yang diterima menjadi mahasiswa Politeknik hanya dikhususkan untuk jurusan elektro. Ada beberapa syarat yang harus diikuti antara lain tes psikologi dan kesehatan, di samping tes terkait dengan jurusan yang mereka minati di bidang kelistrikan.

Jadi, kata dia, tidak ada persyaratan lain selain tes psikologi dan kesehatan. Tes masuk ini akan dilakukan oleh dosen Kampus Politeknik. Sedangkan dari pihak PLN akan didatangkan tenaga khusus untuk menguji mereka.

“Ya, kalau setelah tes dan mereka diterima untuk kuliah sebagai mahasiswa Politeknik selama lebih tiga tahun mereka langsung diterima sebagai pegawai PLN. Untuk bisa diangkat sebagai pegawai PLN tidak ada lagi persyaratan kecuali tes kesehatan. Mengapa tes kesehatan karena ditakutkan jangan sampai mereka ada yang tersangkut Narkoba,” ujarnya.

Menurut Eddy Irawan, Program D III Kerjasama PLN dengan Politeknik Unpatti ini sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. “Tahun ini untuk kedua kalinya PLN Maluku dan Maluku Utara membuka peluang kepada putra-putri Maluku untuk mengikuti tes tersebut. Mudah-mudahan ada minat mereka untuk mau menjadi bagian dari keluarga besar PLN,” ujarnya.

Sebenarnya, kata dia, program ini sudah berlangsung beberapa tahun sebelumnya. Hanya saja selama ini bila pengangkatan pegawai PLN untuk wilayah Indonesia Timur berpusat di Makassar.

Nah, terhitung dua tahun terakhir pola tersebut diubah. Seluruh proses penerimaan pegawai PLN dikembalikan kepada wilayah masing-masing dengan bekerjasama lembaga-lembaga perguruan tinggi yang memiliki jurusan elektro.

“Kebetulan di Ambon kita punya Kampus Politeknik yang juga memiliki jurusan elektro maka penentuan rekrutmen kami serahkan sepenuhnya kepada pihak kampus dengan tetap mengacu pada persyaratan sebagaimana yang disyaratkan oleh PLN,” ujarnya. (DIB)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top