Para Kandidat Ketum KONI Kota Ambon 2017-2022 – Rakyat Maluku
ALL SPORT

Para Kandidat Ketum KONI Kota Ambon 2017-2022

Rakyatmaluku.com – DALAM waktu dekat, Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Ambon akan menggelar Musyawarah Olahraga Kota untuk pemilihan ketum KONI Ambon periodesasi 2017-2022.

Ada sejumlah sosok yang disebut-sebut layak menjadi suksesor Richard Louhenapessy yang sudah dua periode menjadi pemegang tongkat kepemimpinan utama di KONI Kota Ambon.

Forum Penyelamat Olahraga Maluku (FPOM) menilai Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Tinju Amatir Indonesia Ambon Broery Nanulaitta dan Ketua Pengkot Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Ambon Roy Mongie layak dicalonkan sebagai calon ketum KONI Kota Ambon lima tahun ke depan.

’’Saya menilai pak Roy Mongie dan Broery Nanulaitta layak menggantikan pak Richard Louhenapessy sebagai ketum KONI Kota Ambon, karena kedua sosok ini punya kapasitas, kemampuan dan konsisten dalam pembinaan olahraga di Kota Ambon. Kedua sosok ini sudah punya bukti dalam memajukan olahraga di Maluku umumnya dan di Kota Ambon khususnya,’’ kata Ketua Umum FPOM, Joses Dos Santos Walalayo kepada Rakyat Maluku di Ambon, Jumat (7/4).

Di bagian lain, ujar Walalayo, baik Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) telah melarang kepala daerah maupun wakil kepala daerah untuk menjabat ketum KONI. ’’UU SKN menjadi  dasar bagi kami, pemerhati olahraga, untuk mendukung pak Roy dan pak Broery untuk maju mencalonkan diri calketum KONI Kota Ambon di Musorkot KONI Kota Ambon dalam waktu dekat.

Kalau pun ada pengurus KONI Kota Ambon yang keberatan dengan kedua sosok ini, karena kekhawatiran dukungan pendanaan jika wali kota dan wakil wali kota tidak berkedudukan sebagai ketum KONI Kota Ambon, hal itu tak perlu dirisaukan. Yang kita perlu tahu anggaran untuk pembinaan olahraga telah disiapkan Menpora,’’ paparnya.

Walalayo mengusulkan posisi ketua harian KONI Kota Ambon tetap dijabat Jan Haumasse sambil menanti proses pemilihan ketum KONI Kabupaten Seram Bagian Barat pada 2019 mendatang. ’’Kalau pak Roy, pak Broery dan pak Jan dipadukan kekuatannya untuk mengurusi KONI Kota Ambon, saya optimis olahraga di Ambon akan semakin kuat dan berjaya. Apalagi, KONI Kota Ambon tetap punya misi utama untuk mempertahankan gelar juara umum Popmal IV nanti,’’ usulnya. (ROS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top