Kerja Sama Dengan Ponpes Datangkan Guru Bahasa Arab – Rakyat Maluku
EDUKASI

Kerja Sama Dengan Ponpes Datangkan Guru Bahasa Arab

Ilustrasi

Rakyatmaluku.com – HAMPIR  rata-rata tenaga guru  khusus Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Arab yang tersebar di seluruh Madrasah di Maluku masing kekurangan.  Kekurangan ini akan disikapi dengan menjalin kerja sama bersama Pondok Pesantren (Ponpes).

Hal ini diungkapkan, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Maluku, Hanafi Rumatiga  kepada koran ini, Jumat 7 April. Dikatakan menyikapi minimnya ketersedian tenaga guru khusus guru Bahasa Arab itu, pihaknya sudah mengambil langkah untuk mendatangkan tenaga guru bahasa arab yang dimiliki oleh Ponpes.

Sehingga diharapkan kedepan mereka dapat diberdayakan  membantu madrasah-madrasah yang mengalami kekurangan guru Bahasa Arab tersebut.”Salah satu diantaranya saat ini kita sudah bekerja sama dengan Ponpes Tebuireng Jombang, Jawa Timur.

Mereka bersedia untuk mentransfer  guru agama yang khusus menangani pelajaran Ponpes kaitannya dengan Bahasa Arab. Setidaknya ini bisa kita manfaatkan untuk mengajar di  madrasah-madrasah yang ada di Kota Ambon,” akui Ruma Tiga.

Selain menjalin kerja sama itu, lanjut Dia, juga sudah dilakukan proses pengusulan ke Direktorat Pendidikan Madrasah, sehingga diharapkan dalam waktu dekat ditindaklanjuti oleh  Direktur Pendidikan Madrasah  terkait  pengusulan penambahan  pengadaan guru kontrak yang didalamnya  termasuk guru Bahasa Arab.

Sebelumnya, Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Evaluasi  Pendidikan Madrasah, Kanwil Kemenag Maluku, Drs. Muhammad Shodik mengungkapkan keterbatasan tenaga guru pendidikan Bahasa Arab  itu sangat berpengaruh  terhadap capaian nilai Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun ini.  Dimana berdasarkan analisa dari hasil koreksi soal UAMBN,  capaian nilai Bahasa Arab  mengalami kemerosotan. (CIK)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top