6 Tanda-Tanda Serangan Jantung, Kenali Dan Hindari Resiko Terburuknya – Rakyat Maluku
KESEHATAN

6 Tanda-Tanda Serangan Jantung, Kenali Dan Hindari Resiko Terburuknya

Ilustrasi

SERANGAN jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia mengalahkan kanker. Dewasa ini, angka penderita penyakit jantung kian meningkat. 1 dari 4 orang diperkirakan mengalaminya.

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang paling umum terjadi dan umum ditemukan pada pria. Di Amerika Serikat sendiri, terdapat lebih dari 785 ribu orang yang terkena serangan jantung koroner, 470 di antaranya mengalami serangan lanjutan.

1. Sesak pada bagian dada
Hampir semua serangan jantu menunjukan adanya perasaan tidak nyaman pada area dada. Perasaan terebut biasanya dapat bertahan dalam beberapa menit lalu berhenti untuk kemudian datang lagi.

2. Melemahnya otot
Rasa sakit dan lemah pada otot merupakan salah satu gejala kuat yang mengindikasikan serangan jantung. Otot seseorang akan mulai merasa lemah ketika kurangnya sirkulasi darah pada tubuh, yang juga menyebabkan kurangnya sirkulasi oksigen ke seluruh bagian tubuh.

3. Nafas memendek
Ini adalah gejala awal dan paling banyak terjadi pada manusia yang mengindikasikan akan ada serangan jantung ke depannya. Mereka yang mengalami hal ini adalah mereka yang memiliki resiko tertinggi mengalami serangan jantung, khususnya pada wanita.

4. Pembengkakan di perut dan kaki
Masalah jantung biasanya dapat berujung pada pembentukan cairan pada beberapa bagian tubuh yang dapat menyebabkan pembengkakan seperti pada daerah kaki dan perut. Hal ini dikarenakan peningkatan berat badan yang mendadak dan terkadang hilangnya nafsu makan.

5. Pusing
Jika anda merasakan pusing-pusing tanpa ada alasan yang jelas dibarengi dengan keringat dingin yang tak terhentikan, menunjukan indikasi terjadinya kondisi awal infrark, atau penyumbatan pembuluh nadi yang terkadang juga terjadi pada pembuluh balik.

6. Lelah sepanjang hari
Pada wanita, kelelahan yang tanpa sebab dapat muncul satu minggu sebelum serangan terjadi. Merasa lelah sepanjang hari merupakan gajala pasti dari kegagalan fungsi jantung. Alami beberapa hal di atas? Jangan pikir dua kali lagi dan segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Bertindak lebih dini dapat menyelamatkan nyawa Anda. (ruf/fajar)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top