Rumpon Liar Kian Bertambah Di Laut Seram – Rakyat Maluku
DAERAH

Rumpon Liar Kian Bertambah Di Laut Seram

MALUKU merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki luas laut yang sangat besar. Dua per tiga wilayah Maluku terdiri dari lautan. Luasnya laut ini membuat Maluku rawan ilegal fishing atau pencurian ikan di laut. Maraknya aksi ilegal fishing  di parairan Maluku karena kurangnya pangawasan, sebagaimana yang terjadi di laut Seram.

Buktinya, kapal-kapal ikan milik negara asing, masih beroperasi  bahkan penambahan rumpon sudah semakin banyak, berkisar kurang lebih 30.  Ini dilihat langsung oleh nelayan berinisial JE. JE merupakan kelompok nelayan Nusa Kamu,  Negeri Kawa, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat.

“JE menyampaikan kepada kami, Pengurus Ikatan Masyarakat Nelayan Maluku bahwa mereka masih melihat kapal-kapal yang beroperasi di perairan Laut Seram, bahkan penambahan rumpon sudah semakin banyak. Berkisar kurang lebih 30. Kami kaget, bukankah kemarin suda dilakukan pemusnahan oleh TNI angkatan laut pada beberapa waktu lalu, kok kenapa masi saja ada penambahan rumpon bahkan, rumpon-rimpon itu dikatakan lebih canggih dari yang suda dimusnakan,” kata  Kepala Bidang Advokasi Hukum Perikanan Ikatan Masyarakat Nelayan Maluku Lem Agus Le, kepada Rakyat Maluku, Rabu, 5 April.

Dikatakan, jika kapal asing masih beroperasi di laut Seram dan memiliki izin lengkap kanapa ketika kapal Patroli datang mereka selalu bersembunyi dan tempat-tempat persembunyian kapal-kapal ini ada di beberapa tempat, seperti Pulau Pisang, Pulau Waetengar dan Pulau Ambalau.

Prev1 of 3

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top