Muswil PKB Maluku, Muhaimin Bangga Dengan Kerukunan Di Maluku – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Muswil PKB Maluku, Muhaimin Bangga Dengan Kerukunan Di Maluku

MUSYAWARAH WILAYAH PKB. Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, menyampaikan sambutannya pada Musyawarah Wilayah IV Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Maluku yang digelar di Gedung Islamic Center, waihaong, Rabu 5 April 2017. Foto: Mohas Amir/rakyatmaluku

KETUA Umum PKB H.A. Muhaimin Iskandar M. SI, mengatakan penye­le­ng­garaan Muyawarah Wilayah (Muswil)  selain bertujuan mencari pe­mim­pin baru yang berkewajiban menjalankan tugas dan tanggungjawab memimpin PKB, namun pemimpin yang dipilih harus mengetahui bahwa PKB merupakan salah satu partai yang sangat peduli terhadap Umat. Karenanya para pengurus PKB Maluku yang baru nantinya, baik ditingkat DPC, DPD dan DPW harus menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat  khususnya di Maluku.

“Dengan Muswil PKB Maluku harus lebih mengutamakan kepentingan masyarakat, dalam berbagai macam aspek, bukan untuk mengutamakan  kepentingan peribadi kelompok maupun golongan didalam partai itu sendiri. Ini yang perlu kita perhatikan, sebab masyarakat kita masih jauh dari ketidakadilan dan pemerataan tersebut,” ujar Muhaimim Iskandar saat membuka Muswil ke IV PKB Maluku, bertempat di gedung Islamic Center, Rabu 5 April 2017.

Dalam sambutannya Muhaimim Iskandar, juga berharap kepengurusan DPW PKB Maluku yang baru nanti, berkewajiban menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya. Karena PKB harus berperan aktif untuk menyelesaiakan problem-problem yang terjadi, termasuk di Maluku.

“Seluruh kader PKB harus terus maju pantang menyerah, karena masih banyak PR yang belum kita selesaikan, maka dari itu kita harus memiliki gaya kepimimpinan yang mengarah kepada kepentingan umum dan juga harus memiliki spirit perjuangan. Olehnya itu, saya meminta kepada pengurus baik ditingkat DPC, DPD dan DPW, harus mewujudkan visi dan misi dari PKB,” tandas  Muhaimim Iskandar.

Pada kesempatan tersebut, Muhaimin Iskandar juga mengaku rasa bangganya terhadap masyarakat Maluku.
Pasalnya, dengan berbagai perbedaan, Maluku mampu hidup damai dalam kebersamaan ditengah perbedaan suku, ras dan agama.

“Saya bangga datang di Maluku, karena Maluku menjadi laboratorium kerukunan umat beragama,“ kata mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tahun 2009-2014. Sudah sepantasnya, kata Muhaimin, Maluku menjadi contoh yang baik dalam berpolitik, sehingga warga DKI Jakarta harusnya datang belajar di Maluku.

“Warga DKI Jakarta harus harus datang dan belajar di Maluku. Karena menjadi contoh baik dalam berpolitik maupun hidup beragama,“ katanya.

Dalam kesempatan itu juga, mantan Wakil Ketua DPR RI periode 2004-2009 ini mengungkapkan jika partai bukan dilahirkan semata untuk kepentingan orang-perorang, tetapi sebaliknya, partai harus mengedepankan kepentingan masyarakat dan menjunjung asas keadilan.

“Tanpa masyarakat, partai tidak mempunyai legitimasi apapun. Dengan demikian, partai harus mengedepankan kepentingan masyarakat dan membela rakyat,” ungkapnya.

Kader PKB, katanya, harus responsif terhadap seluruh masalah kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, PKB akan semakin dicintai oleh masyarakat, karena PKB punya prinsip dasar yakni prinsip kemanusiaan yang harus dibela. “Yang tertinggi dari perjuangan politik ialah perjuangan untuk kemanusiaan,“ ujarnya.

Muhaimin juga bangga terhadap seluruh jajaran DPW dan DPW Maluku, karena setiap pemilihan legislatif, PKB Maluku mampu mengirimkan wakilnya ke DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota. “Saya bangga juga dengan DPW PKB Maluku karena setiap periode mampu membawa wakil dari PKB untuk duduk di kursi DPR RI, begitu juga di DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota,” tegasnya.

Muhaimin berharap agar lewat Muswil DPW PKB IV, dapat menghasilkan program kerja yang strategis untuk mengembangkan partai, dan bersama pemerintah turut membangun daerah dengan mengutamakan kepentingan rakyat. Karena PKB hadir untuk membela rakyat.

Sementara Gubenur Maluku, Said Assagaff mengakui rasa bangganya dengan pernyataan ketua Umum DPP PKB terhadap Maluku yang menjadi contoh Pilkada Jakarta.

“Otomatis kita harus merasa bangga dengan apa yang kita punya. Karena kita Masyarakat Maluku mampu menunjukan kehidupan yang harmonis meskipun dalam perbedaan,“ kata Assagaff di tempat yang sama. Sebelumnya Gubernur dalam sambutan pembukaan Muswil PKB mengatakan, Muswil merupakan momentum konsolidasi untuk memantapkan program kerja dalam membela kepentingan rakyat. PKB harus terus membangun konsistensi dan diharapkan dapat memberikan kontribusi kerja nyata.

“PKB diharapkan membawa nilai toleransi dalam politik maupun beragama. Peran PKB sangat penting untuk menghadirkan kehidupan yang rukun dan damai, “katanya.
Sementara ketua DPW PKB Maluku, Basri Damis mengungkapkan, pada prinsipnya, Mus­wil merupakan momentum untuk memilih kepengurusan yang baru dan menetapkan program kerja, anggaran dasar, anggaran rumah tangga serta menetapkan rekomendasi dalam menatap Pilkada maluku 2018. Namun selama ini, uapaya yang dilakukan oleh Gubernur dalam menjawab kompleksitas pembangunan perlu diapresiasi. Olehnya itu, PKB akan terus berupaya agar pembangunan daerah Maluku terus berkembang, serta mengawal janji presiden yang akan menaikan DAU Maluku menjadi 50 persen.

“Janji tersebut harus dikawal dan ditagih. Parpol bersama pemerintah daerah akan memperjuangkan hal itu,” tandasnya.

PUSAT PENGKAJIAN
Usai membuka Muswil IV, Muhaimin juga memberikan kuliah umum di Universitas Pattimura.  Dalam kuliah umum yang diikuti ratusan mahasiswa itu, Muhaimin mengingkan agar Unpatti menjadi pusat laboratorium perbedaan, museum bahkan pusat pengkajian dalam rangka kebersamaan dalam perbedaan.

“Seringkali, politik dipakai untuk memecahkan. Tetapi yang semestinya, politik hadir untuk mempersatukan keberagaman dan perbedaan. Sebab itu, Generasi muda terutama yang berada di Unpatti, harus mengetahui bahwa dalam politik menjadi sarana menuju persatuan,” tandasnya.

Muhaimin juga mencontohkan figur yang patut dicontohi oleh generasi muda ialah pendiri PKB, Abdurrahman Wahid, karena presiden keempat Indonesia itu sangat menjunjung tinggi toleransi dan rasa kemanusiaan. (M1)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top