Lagi, Gubernur Siapkan Tim Analisis Dampak Aktivitas PT GBU – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Lagi, Gubernur Siapkan Tim Analisis Dampak Aktivitas PT GBU

Gubernur Maluku, Said Assagaff

ADA -ada saja. Proses penyelesaian masalah di Pulau Romang masih meninggalkan pekerjaan rumah. Selalu, hasil penelitian yang dilakukan konon oleh para ahli, membuahkan nilai yang berbeda.

Padahal, rata-rata, ahli yang diturunkan ke Pulau Romang, berasal dari Universitas Pattimura Ambon. Tak puas dengan hasil yang baru dihimpun beberapa waktu lalu, Gubernur Maluku, Said Assagaff, kembali menyiapkan tim untuk terjun ke Romang, Kabupaten MTB, untuk kembali menganalisis kondisi lapangan.

Tim Gabungan, kata Gubernur, akan diturunkan pada tanggal 7 April mendatang. Tim ini didatangkan dari beberapa instansi terkait, termasuk dari Pusat, untuk melakukan studi lingkungan, aktivitas pertambangan emas oleh PT Gemala Borneo Utama (GBU). “Tim tersebut terdiri dari Bareskrim Polri, Ke­menterian ESDM, Ke­menterian Lingkungan Hidup, Inspektur Tambang, dan  Unpatti Ambon,” akui Gubernur.

Ia memberikan kepercayaan penuh kepada tim studi yang mempunyai keahlian khusus di bidang pertambangan ini. “Saya tidak mau ada orang-orang yang lain ikut mencampurkan hal ini , biarkan tenaga ahli yang bekerja.
Menurut dia, jika hasil studi yang dilakukan positif, maka ia akan bertindak secara positif, begitu pula, jika hasilnya negatif maka dirinya juga akan bertindak negatif.

Ditanya mengenai hasil studi Inspektur tambang dan tim Universitas Pattimura (Unpatti) yang dilakukan beberapa waktu lalu, menurutnya kedua hasil tersebut tidak dipakai lagi. Mengingat studi yang dilakukan kedua tim ini dilakukan secara terpisah-pisah. “kemarin itu karena masingÑmasing turun, dan hasilnya juga berbeda. Saya mau sama-sama turun, dan sama-sama menyerahkan hasilnya kepada saya. Yang penting hasil studi tersebut bisa diteliti di universitass pemerintah,” simpul dia. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top