Bela Negara, Penting Untuk Keutuhan NKRI – Rakyat Maluku
DAERAH

Bela Negara, Penting Untuk Keutuhan NKRI

Tagop Sudarsono Soulisa

KEGIATAN bela negara yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Maluku, sangat penting, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat guna menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Demikian dikemukakan Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Bursel Jusdi Latuconsina, Selasa, 4 April 2017, saat membuka kegiatan bela negara, yang dipusatkan di Aula Kantor Bupati Bursel.

“Melalui kegiatan bela negara akan menumbuhkan sikap dan perilaku cinta tanah air, bagi setiap warga negara Indonesia serta rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945,” kata Soulisa.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten yang telah berusia delapan tahun ini, sejarah perjuangan bangsa Indonesia mencatat bahwa NKRI, bisa berdiri tegak sebagai negara yang berdaulat sampai saat ini, tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat, mulai dari prajurit TNI, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri dan elemen masyarakat lainnya.

“Berdasarkan pasal 27 ayat 3 UUD 1945, disebutkan bahwa bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia, sedangkan pasal 30 UUD 1945 menyebutkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Ini artinya bela negara adalah peran seluruh warga negara Indonesia apapun profesi dan kedudukannya,” tutur Bupati dua periode ini.

Tagop menyebut, sikap bela negara sudah sejak lama menjadi pilar kekuatan Indonesia. Keberhasilan mencapai kemerdekaan dan perlawanan panjang melawan penjajahan merupakan suatu hasil nyata peran warga negara dalam membela kedaulatan Indonesia. Sikap ini dibangun atas dasar persatuan dan kesatuan, dengan melepaskan ego kesukuan, ras dan agama.

Kesadaran bela negara tidak hanya dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadaran untuk membela negara melalui upaya politik maupun diplomasi. Hadirnya Indonesia saat ini merupakan bukti dari semangat bela negara oleh para pejuang kusuma bangsa.

Prev1 of 3

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top