Gubernur Ajak Warga Tingkatkan Rasa Persatuan – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Gubernur Ajak Warga Tingkatkan Rasa Persatuan

Said Assagaff

GUBERNUR Maluku Said Assagaff, mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk senantiasa membangun kesadaran, komitmen dan konsensus untuk tetap menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan bangsa, melalui kesadaran bela negara, berdasarkan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dikatakan, hak dan kewajiban yang mendasar bagi setiap warga negara Indonesia masa kini ialah melakukan pembelaan negara, yang menuntut adanya kesadaran bela negara dari setiap warga negara, yang menjamin keberlangsungan dan eksistensi bangsa dan negara Indonesia. “Kita semua tentunya menya dari bahwa upaya untuk membangun dan mempertahankan semangat nasionalisme dalam kerangka kesadaran bela negara, bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah dan gampang. Hal ini disebabkan keragaman budaya, agama, adat istiadat, ras, golongan dan lain sebagainya,” pesan dia.

Disamping itu, Menurut Assagaff berkembangnya arus globalisasi dunia, yang ditandai dengan terbukanya akses komunikasi dan informasi antar wilayah di dunia, yang jika tidak dapat diantisipasi dengan baik, akan membawa dampak negatif terhadap pola pandang dan pola sikap sebagian warga masyarakat anak bangsa, yang tentunya akan berdampak terhadap keberagaman masyarakat Indonesia, dan dikhawatirkan akan mengganggu persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa, serta kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!