Wawali Terpilih Sosialisasi Visi-Misi Ke Pejabat Pemkot Ambon – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Wawali Terpilih Sosialisasi Visi-Misi Ke Pejabat Pemkot Ambon

Syarief Hadler

WAKIL Walikota (wawali) Ambon terpilih, Syarief Hadler (SH) di dampingi tim pemenang Paparisa Baru, mensosialisasikan visi dan misi serta rencana kerja strategis pembangunan Kota Ambon lima tahun mendatang kepada pejabat dan pegawai Pemkot Ambon. Sosialisasi diadakan di Aula Lantai II Kantor Walikota Ambon, Jumat 24 Maret.

Di antara program yang disampaikan SH itu, memperkuat dan memper­cepat pembangunan, harmonisasi sosial, meningkatkan kualitas SDM, memberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat menuju kemandirian yang kreatif berbasis sumber da­ya alam yang tersedia dan mening­katkan nilai nilai spiritualitas mas­ya­rakat.

Menurut ia, yang dimaksudkan dengan Ambon harmonis adalah mas­yarakat yang berjalan selaras dan serasi sehingga tercapai harmo­nisasi kehidupan masyarakat Kota Ambon yang saling menghargai seba­gai sesama orang basudara de­ngan prinsip pela gandong, guna mem­bangun Ambon yang damai dan toleransi.

Sementara yang dimaksudkan dengan Ambon sejahtera menggambarkan derajat kehidupan warga kota Ambon yang meningkat dengan terpenuhinya kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, terbukanya kesempatan kerja dan berusaha, serta lingkungan fisik, sosial dan ekonomi sebagai bentuk perwujudan masyarakat yang sejahtera. Bahkan maju baik dibidang pendidikan, kesehatanlingkungan yang maju, hukum yang maju, ekonomi.

Religius lanjut ia, adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama atau kepercayaan yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan agama atau kepercayaan lain dan hiduo rukum dengan pemeluk agama lain. sebagai salah satu nilai karakter dimana saat ini Indonesia sedang giat membangun pendidikan karakter dimana saat ini Indonesia sedang giat membanguin pendidikan karakter guna mendidik warga bangsa menjadi manusia yang berkarakter.

Dikatakan, dalam mendukung semua vsi misi tersebut, maka dijabarkan dalam berbagai strategi pembangunan, kebijakan pembangunan, dan berbagai program prioritas yang dirumuskan dalam konsep “Tabea” tarus benahi Ambon untuk Semua.

Ditambahkan, strategi pertama adalah mewujudkan harmonisasi sosial kehidupan masyarakat yang bertoleransi dan memiliki kompetensi yang tinggi. Mewujudkan peningkatan kualitas SDM di bidang pendidikan, kesehatan, dan aparatur pemerintahan serta tersedianya prasarana dan sarana pendukungnya, mewujudkan peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat berbasis ekonomi kreatif dan Sumber daya yang tersedia sehingga berimplikasi pada penurunan tingkat kemiskinan, serta mewujudkan peningkatan nilai-nilai spiiritulitas masyarakat yang bersumber dari kepercayaan masing masing serta kearifan lokal.

Empat kebijakan pembangunan lanjut ia, antara lain, Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik, meningkatkan peran pemkot dalam menjaga dan memelihara keamanan, ketertiban, perdamaian dan Harmoni dalam masyarakat, menetapkan dan menerapkan sistem konunikasi dan informasi pemerintah Kota Ambon sesuai dengan asas keterbukaan, memberdayakan dan memperkuat organisasi kemasyarakatan, sosial keagamaan, dan lembaga swadaya mas­yarakat dalam melakukan fungsi kontrol terha­dap ke­timpangan sosial sebagai bagian penting dari mem­bangun harmonisasi sosial. (R1)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top