PT.FIL Welcome Jika Ada Penambahan Rute – Rakyat Maluku
DAERAH

PT.FIL Welcome Jika Ada Penambahan Rute

Dermaga Wakate Kesui merupakan salah satu wahana penghubung bagi masyarakat di Kepulauan Seram Bagian Timur guna menunjang moda transportasi laut yang menghubungkan wilayah-wilayah pesisir dan pulau secara interkoneksi di Pulau Seram.

PT Fajar Indah Lines (FIL) akan menyambut dengan baik pihak Pemda Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) jika ingin menambah rute pelayaran khususnya bagi daerah-daerah di Kecamatan Kepulauan Gorom. Demikian hal ini disampaikan nakhoda KM Fajar Baru 8 Petrus Bukarakombang kepada Rakyat Maluku di atas kapal saat pelayaran menuju Kecamatan Bula, (24/3).

Dikatakan, pada pelayaran perdana sejak September 2015 lalu memang penumpangnya minim dimana sekitar 12-17 orang saja namun setelah itu terjadi lonjakan penumpang yang signifikan.

“Iya, memang pada pelayaran pertama yang terjadi minim sekali penumpang. Meski demikian, tidak mengurangi niat saya untuk terus mempermudah rentan kendali masyarakat di pesisir wilayah SBT melalui transportasi laut,“ ungkapnya. Dijelaskan, rute pelayaran KM Fajar Baru 8 dimulai dari Bula-Geser-Ondor-Wakate kemudian balik Wakate-Ondor-Geser-Bula-Sorong-Raja Ampat, dengan kapasitas penumpang 350 orang ditambah dengan 27 kamar.

“Kalau untuk penambahan rute di kecamatan Pulau Gorom khusus Pulau Panjang dan Amarskaru memang sudah pernah ditawari oleh salah satu anggota DPRD SBT namun kami belum dipanggil resmi oleh pihak pemda maupun DPRD,” ucap dia. Bukarakombang mengakui, kalau pihak FIL tidak keberatan menerima permintaan penambahan rute di dua kecamatan tersebut hanya saja pihaknya butuh pembicaraan yang serius mengingat jalur yang ditempuh tidaklah terlalu jauh di antara dua kecamatan tersebut.

“Kami butuh pembicaraan yang serius entah dalam bentuk subsidi silang atau lainnya, apalagi daerah SBT ini kan daerah kepulauan dan transportasi yang paling tepat menjangkaunya adalah kapal. Kalau saya sih mau kan lokasinya berdekatan apalagi membantu meringankan beban masyarakat dalam hal transportasi, “ terang nakhoda kapal 596GT ini.

Dirinya mengaku selama ini memang pihaknya didukung penuh oleh Pemda serta Raja Ondor dan Kataloka yang memberikan dukungan bagi pelayarannya. (NI)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top