PNS BPN Malteng Peneror Bank Diserahkan Ke Jaksa – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

PNS BPN Malteng Peneror Bank Diserahkan Ke Jaksa

WIRASMAN Rukua alias Shalau­ddin Alindunisy, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Maluku Tengah, yang adalah tersangka kasus peneror bank-bank di Kota Ambon, resmi diserahkan penyidik Direktorat Reserse Kri­minal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku. Tahap dua kasus teror bom ke sejumlah bank ini, setelah Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, mengirim surat pemberitahuan tentang berkas Rukua telah lengkap alias P21. Yang menerima tahap dua adalah jaksa Awaludin.

Wirasman Rukua, melakukan aksi nekad ini karena terlilit hutang, sehingga dirinya mengancam akan meledakan bom kalau pihak bank tidak memberinya uang. Dia mengancam melalui surat yang dikirim kepada bank-bank di Kota Ambon.

“Jadi tahap dua kasus teror bom di bank-bank di Kota Ambon, kini menjadi tanggungjawab Jaksa, sampai persoalan ini disidangkan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Detasemen Khusus Antiteror 88 Polri dibantu Polda Maluku menangkap Wirasman Rukua di Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Sabtu, 25 Desember.

Selain pelaku, sejumlah benda seperti kertas, prin dan pipa, turut diamankan polisi. Dari pengakuannya, ia terpaksa melakukan aksi ini karena terlilit hutang.

Sejumlah bank pemerintah dan swasta di Kota Ambon, menjadi tujuan. Dalam surat yang dikirim, tertulis bahwa ISIS wilayah timur Indonesia memerlukan bantuan dana kepada kelompok ISIS yang sementara berperang di Suriah dan Irak. Uang yang diminta, itu berpariasi, mulai dari Rp500 ribu sampai Rp1 juta.
Pihak bank tidak menanggapi surat tersebut, maka kembali tersangka merakit sebuah benda menyerupai bom yang pada Senin, 19 Desember 2016. Bom rakitan tersebut diletakkan tersangka didepan Kantor Bank Maluku Cabang Ruko Batumerah dengan tulisan tersangka tidak main–main. (AAN)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top