Pengamanan Gunung Botak Diperketat Lagi – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Pengamanan Gunung Botak Diperketat Lagi

PENJABAT Bupati Buru, Ismail Usemahu, memberikan warning untuk penjagaan secara ketat terhadap kawasan tambangemas, di Gunung Botak, Kabupaten Buru. Pengamanan ekstra ketat yang akan menempati seluruh titik pos,
dilakukan untuk mencegah kembali masuknya para penambang liar, pasca dilakukan penertiban secara besar-besaran belum lama ini.

Menurut Usemahu, aparat kea­manan gabungan sudah mulai di­tempatkan pada pos-pos yang ada di kawasan tersebut. Penempatan aparat keamanan ini, karena kawasan tambang saat ini sudah tidak lagi berpenghuni. Dikhawatirkan, kalau tidak dikawal secara ketat, akan memberikan ruang bagi penambang liar, untuk masuk beraktivitas kem­bali.

“Pos pengamanan tersebut akan ditempatkan di setiap pintu masuk dan pintu keluar dari para pe­nambang illegal. Penempatan pos tersebut bertujuan agar aparat bisa dengan mudah mengawasi lokasi pertambangan, dari para penambang illegal. Pos pengamanan itu kan ditempatkan di pintu-pintu masuk dan pintu-pintu keluar di lokasi tersebut,” ujar Usemahu kepada wartawan, kemarin.

Kendati demikian Usemahu memgaku belum tau berapa banyak pos pengamanan yang akan ditempatkan, karena hingga saat ini, dirinya masih berada di luar daerah. Selain Gunung Botak, lokasi pertambangan di Gogorea pun akan dibersihkan.

“Saya belum bisa pastikan tetapi, lokasi di Gogorea, dan Gunung Nona pun akan dibersihkan dari penambang ilegal,” tegasnya.

Sebelumnya, kawasan pertambangan emas Gu­nung Botak, Dusun Wamsait, Kecamatan Waelata Kabupaten Buru, Senin 20 Maret 2017 bebas dari aktifitas penambang. Ratusan aparat keamanan, sejak seni pagi mulai mem­bongkar tenda-tenda penambang yang dibangunan di ka­wasan Gunung Botak. Saat penyisiran kawasan tambang gunung botak sudah tidak lagi ber­penghuni. Para penambang dan warga adat telah mengosongkan lokasi tersebut terakhir Minggu 19 Maret sore.

Peralatan penambang juga telah diangkut dan yang tersisa hanya tenda-tenda yang kemudian dibongkar aparat keamanan, yang dipimpin Direktur Sabhara Polda Maluku selaku Komandan Satgas, Kombes Irwan.
Turut serta juga Karo Ops Polda Maluku Kombes Nyoman, Kapolres Buru AKBP Leo Simatupang, Kasrem 151/Binaiya Letkol Inf Cristian P Sipahelut, Dandim 1506/Namlea Letkol Kav Shindu Hanggara, Koman­dan Detasemen Brimob Ma­luku Kompol Alex Tobing dan Komandan Peleton Zeni Kompi Markas Yonmar­han­lan IX Letda Marinir Muhyidin. Ratusan personil aparat keamanan terdiri dari Brimob 1 kompi, Sabhara 2 peleton, Reskrim Intel 1 peleton, TNI AD 1 kompi, Satpol PP 1 pe­leton, TNI AL 1 peleton, Brimob Polres Buru 2 peleton, Sabhara Polres 1 pelaton, inspektur tambang dari Dinas ESDM Maluku sebanyak 10 orang. (YAS)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top