Rakor Gerindra Putuskan Usung Hendrik Lewerissa – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Rakor Gerindra Putuskan Usung Hendrik Lewerissa

Hendrik Lewerissa
  • Latumerissa Tak Menampik Koalisi Dengan Golkar  

Para Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) bersepakat mendukung pencalonan ulang Hendriak Lewerissa di Pemilihan Gubernur Maluku tahun 2018.

PADA rapat koordinasi yang dihadiri ketua dan unsur pimpinan Dewan Pengurus Cabang (PAC) dari 11 kabupaten/kota serta seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) asal Partai Gerindra, forum menganggap Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerindra Hendrik Lewerissa figur yang tepat untuk diperjuangkan sebagai pemimpin di Maluku melalui Pemilihan Gubernur Maluku tahun depan.

Ketua DPC Kota Ambon, Phil Latumerissa mengatakan, hasil dari rakor telah memutuskan tiga hal penting, pertama seluruh ketua-ketua DPC se Maluku, para anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota di Maluku, serta para pengurus DPD-Gerindra Maluku bersepakatan mendorong Hendrik Lewerissa untuk maju dalam perhelatan Pilgub Maluku.

Kedua, forum juga memutuskan agara seluruh keluarga besar Partai Gerindra di Provinsi Maluku melakukan sosialisasi dan konsulidasi agar menguatkan posisi tawar Hendrik Lewerissa ditengah pencaturan politik jelang Pilgub Maluku.

“Ketiga, forum Rakorda juga telah memutuskan untuk hasil kesepakatan rapat koordinasi untuk mencalonkan ketua DPD-Gerindra Maluku Bung Hendrik Lewerissa untuk disampaikan ke DPP Partai Gerindra di Jakarta guna mendapat tanggapan,” kata Latumerissa usai digelar Rakorda di Masohi Kabupaten Maluku Tengah, Rabu malam 22 Maret 2017.

Latumerissa menjelaskan, ada berbagai per­timbangan yang objektif sehingga keluarga besar Partai Gerindra bersepakat untuk mendorong Hendrik Lewerissa.

Pertama, dukungan riel kursi di DPRD Maluku ada lima kursi, itu modal Gerindra, modal politik. Kedua, partai gerindra juga memiliki kursi di seluruh DPRD tingkat Kabupaten/Kota jumlahnya 35 kursi, serta satu wakil Gerindra di Senayan.

“Itu infrastruktur partai politik kita, berikut dari segi pribadi, ketua DPD Gerindra Bung Hendrik Lewerissa punya integritas, kemampuan dan juga kapasitas, saya kira ini tidak diragukan lagi. Sehingga tidak salah kita akan mendorong beliau di pasar politik untuk Pilgub Maluku tahun 2018,” tekan Latumerissa.

Walaupun demikian, jadi dan tidaknya Ketua DPD Gerindra Maluku mendaftar sebagai satu diantara beberapa pasangan calon di Pilgub Maluku tergantung dari keputusan DPP Gerindra nantinya.

“Tapi kami yakin dan percaya, rumusan yang telah kami tetapkan, akan mendapat respon yang positif dari DPP. Pengusulan Bung Hendrik adalah keinginan dari seluruh elemen partai Gerindra di Provinsi Maluku,” ketus Latumerissa.

Pada kesempatan itu, Latumerissa juga tidak menampik adanya kemungkin berkoalisi dengan Partai Golkar, mengingat dalam survei Partai Golkar, Hendrik Lewerissa juga masuk dalam daftar 11 figur yang berpeluang mendampingi Said Assagaf. Apalagi, jumlah perolehan kursi Partai Gerindra di DPRD Maluku tidaklah cukup untuk mengusung sendiri bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah.

“Semua kemungkinan itu ada, karena tidak ada satupun partai politik yang memenuhi syarat menga­jukan calon gubernur dan wakil gubernur. Fakta politik saat ini tidak ada satupun partai politik yang memiliki 9 kursi di DPRD Maluku. Karena itu semua parpol harus berkoalisi, termasuk Gerindra,” tegasnya. (ARI)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top