Ny Keliobas: Anak Bisa Berhasil Jika Ada Peran Orang Tua – Rakyat Maluku
EDUKASI

Ny Keliobas: Anak Bisa Berhasil Jika Ada Peran Orang Tua

Ny.S. Keliobas

KEPALA  Sekolah (Kepsek) SD Negeri 5 Ambon, Ny.S. Keliobas menegaskan, untuk mewujudkan keberhasilan siswa dalam mencapai hasil maksimal pada pelaksanaan Ujian nanti, sekolah tidak bisa bergerak sendiri tanpa adanya bantuan dan partisipasi orang tua. Dimana proses belajar tidak saja dilaksanakan disekolah tetapi juga dirumah.”Siswa itu berhasil jika ada kerja sama orang tua, sekolah dan masyarakat,”tegas Ny.S. Keliobas ditemui diruang kerjanya, Kamis 23 Maret.

Keliobas mengatakan, pihak sekolah sudah maksimal memberikan layanan pendidikan dengan mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian nanti. Proses pelayanan dalam bentuk persiapan itu dilakukan dengan menerapkan les tambahan serta pelaksanaan try out.”Untuk les tambahan, sudah kita lakukan pada awal Januari hingga akhir Januari.Dimana, ada penambahan jam belajar 1 Jam lebih awal sebelum siswa mengikuti proses belajar normal.

Misalnya yang masuk pagi maka dia harus berada satu jam lebih awal, sehingga dapat mengikuti les tambahan itu, begitupun bagi siswa yang masuk pada shift siang.Minimal jam 11.00 sudah ada disekolah.”ujar Keliobas.

Selain lesa tambahan, lanjut Ny. S. Keliobas,sekolah juga sudah melaksanakan dua kali try out, try out pertama adalah try out sekolah dan try out kedua adalah try out gugus.Hasil dan dua kali try out ini menunjukan perubahan signifikan bagi siswa untuk menghadapi ujian.’Prinsipnya kita terus memacu siswa khususnya peserta ujian untuk memahami materi-materi ujian,”ungkap Dia.

Kata Keliobas, evaluasi tidak saja dilakukan terhadap nilai capaian siswa, tetapi evaluasi juga dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan guru mapel dan memberikan atau mengajarkan materi-materi sehingga mudah untuk dicernah dan dipami siswa.”Untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi-materi itu tentunya evaluasi tidak saja dilakukan terhadap siswa, guru pun demikian,”kata Keliobas sembari menambahkan, jumlah peserta ujian di SD Negeri 5 Ambon tahun ini sebanyak 62 siswa

Kesempatan itu, dirinya meminta seluruh orang tua murid untuk tidak melepas tangan guna mengawal dan mengawasi proses belajar siswa dirumah. Sebab salah satu faktor keberhasilan siswa mencapai hasil maksimal adalah adanya keseimbangan belajar disekolah dan dirumah.Maka itu evaluasi dilakukan disekolah, begitupun orang tua juga harus melakukan evaluasi.”Nah, kita akan bagikan setiap hasil try out ke orang tua sehingga mereka mengetahuinya dan terdorong untuk mengawasi proses belajar anak,”kunci Ny.S. Keliobas. (CIK)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top