DPD RI Sorot Minimnya UNBK Di Madrasah – Rakyat Maluku
EDUKASI

DPD RI Sorot Minimnya UNBK Di Madrasah

ANGGOTA Dewan Pewakilan Daerah (DPD) RI asal Maluku, Novita Anakotta, mendatangi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Maluku.Lawatan itu bertujuan mempertanyakan kendala-kendala yang dihadapi Madrasah-Madrasah di Maluku terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini.

Anakotta yang diterima langsung Pelaksana Tugas Harian (Plh) Kakanwil Kemenag Maluku,M. Hanafi Rumatiga diruang Kakanwil Kemenag Maluku, Kamis 16 Maret siang kemarin menyorot minimnya madrasah-madrasah di Maluku yang melaksanakan ujian Nasional dengan Sistem Komputer atau UNBK.

Menurut Anakotta, alasan dirinya menyambangi Kemenag Maluku, lantaran hasil survei yang dilakukan terhadap sejumlah madrasah di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengungkapkan kendala yang sama yaitu keterbasan sarana prasarana pendukung UNBK.

Dia lantas mengatakan, kendala-kendala yang ditemui ini nantinya akan ditindaklanjuti ke Kementerian Agama (Kemenag) RI agar kedepan madrasah di Maluku baik MTs maupun Madrasah Aliyah dapat melaksanakan ujian dengan sistem UNBK.”Ini akan menjadi masukan. Kami akan menindaklanjutinya ke Kemenag RI,”ujar Anakotta.

Sementara itu, Plh Kakanwil Kemenag Maluku, Hanafi Rumatiga pada tatap muka itu menyampaikan, hingga saat ini baru dua madrasah di Maluku yang melaksanakan UNBK. Satu Madrasah di Kota Ambon dan satunya di Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.”Masalah yang kita hadapi saat ini adalah keterbatasan sarana-prasarana, dengan keterbatasan itulah maka sebagian madrasah di Maluku belum dapat melaksanakan UNBK.”kata Rumatiga.

Dirinya berharap, Senator asal Maluku ini dapat memperjuangkan keterbatasan sarana-prasarana itu sehingga kedepan seluruh madrasah di Maluku bisa melaksanakan ujian dengan sistem komputerisasi.”Memang rencana ditahun 2018 mendatang madrasah-madrasah di Maluku sudah harus UNBK. Tapi lebih baik lagi jika ada dorongan dari DPD RI sehingga seluruh madrasah mendapatkan perhatian,”demikian Rumatiga. (CIK)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top