Tim Saber Pungli Tangkap Jukir Liar – Rakyat Maluku
HUK-RIM

Tim Saber Pungli Tangkap Jukir Liar

ILUSTRASI

TIM sapuh bersih (Saber) pungutan liar (Pungli)  mengamankan dua orang juru parkir (Jukir) liar, MR dan HP,  di depan Swalayan Fresh, Belakang Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Minggu, 12 Maret sekira pukul 18.30 WIT. Kedua Jukir ilegal ini, diduga melakukan pungli terhadap sejumlah pengendara roda dua maupun empat yang parkir di Swalayan Fresh. Pasalnya, saat menagih harga parkiran, mereka tidak memiliki karcis serta tanda pengenal seperti layaknya Jukir.

Dari tangan kedua pelaku, Tim Saber Pungli Kota Ambon, juga mengamankan uang tunai Rp206.000
Ketua Tim Saber Pungli Kota Ambon Komisaris Polisi (Kompol) Agung Tribawanto mengatakan, diamankan MR dan HP, lantaran diduga melakukan pungli.

“MR dan HP diduga melakukan pungutan liar berupa penarikan biaya parkir di depan Swalayan Fresh. Waktu menagih, keduanya tidak menggunakan karcis sebagai bukti dari restribusi perparkiran. Mereka ini juru parkir liar,” kata Ketua Tim Baber Pungli Kota Ambon Kompol Agung Tribawanto,  kepada Rakyat Maluku, Senin, 13 Maret.
Wakapolres Ambon dan Pp Lease ini menjelaskan, ketika operasi tangkap tangan (OTT), Tim Saber mengamankan ratusan ribu rupiah, baik  dari MR maupun HP. Sambung dia, untuk kendaraan  roda empat, perunit Rp2000, sementara  dan roda dua Rp1000.

“Dari saudara Martin diamankan barang bukti uang hasil penarikan parkiran liar sebesar Rp. 136.000. Dari Hendrik sebesar Rp. 70.000,” ungkap mantan Wakapolres Polres Buru.

Usai ditangkap, dan digiring ke Polres Ambon, untuk dilakukan pemeriksaan, mereka berdua ini, kata Agung Tribawanto, mengakui kalau tidak memiliki karcis. Yang diambil pun tidak sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda). Uang Pungli dipergunakan buat kepentingan pribadi.

“Uang dan diperoleh dari tagihan, itu digunakan untuk kepentingan pribadi, tidak disetor ke pihak berwenang,” tutupnya. (AAN)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top