Tak Penuhi Kuota, Pengumuman Pendaftaran JPTP Akan Diperpanjang – Rakyat Maluku
DAERAH

Tak Penuhi Kuota, Pengumuman Pendaftaran JPTP Akan Diperpanjang

SEJAK pengumuman pendaftaran calon Jabatan Pimpinan Tinggi Prata (JPTP) Kabupaten Buru Selatan dibuka pada, Kamis, 9 Maret 2016 lalu, belum ada satu pun peserta yang mendaftarkan diri, apalagi mengambil formulir untuk mendaftar. Bila hingga penutupan pendaftaran JPTP pada 26 Maret nanti ada jabatan yang pesertanya tak
mencukupi kuota, maka pendaftaran akan diperpanjang.

Demikian dikemukakan Anggota Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) JPTP Kabupaten Bursel Lukman Soulisa, kepada Rakyat Maluku, Senin, 13 Maret 2017, di ruang kerjanya.

“Sampai hari ini belum ada yang mendaftar, karena peserta masih datang melihat dan mengurus persyaratan.Begitu pun dengan pengambilan formulir untuk pengisian pendaftaran belum juga dilakukan,” kata Lukman.
Menurut Soulisa, rentang waktu pendaftaran masih panjang, yakni sampai 26 Februari. “Jadi sampai sekarang calon peserta masih berkordinasi, kira-kira ambil persyaratan ini dimana, dan persyaratan itu ambil ini dimana,” ujar pria yang akrab di sapa Luk ini.

Lukman yang juga Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Bursel ini mengaku, rata-rata peserta JPTP ini, eselon III yang mau meloncat ke atas sehingga ada persyaratan yang harus dipenuhi dan untuk memenuhi persyaratan tersebut paling tidak harus pengurusannya ke luar daerah.
Dirinya mencontohkan, seperti persyaratan tidak pernah terlibat pidana, yang harus di ambil di Pengadilan Negeri Ambon, karena kita di sini belum ada pengadilan negeri. Sedangkan untuk penyapaian Laporan Hasil Kekayaan Pegawai Negeri (LHKPN) itu harus mengambil keterangan di Bawasda/Inspektorat, bila belum ada keterangan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saat ini, calon peserta yang mulai melirik JPTP adalah pejabat eselon IIIa, yang rata-rata sekretaris dinas, yang mengecek persyaratan JPTP, untuk menyebutkan oknumnya tidak bisa kita tentukan, karena belum tahu siapa persis calon peserta yang berminat terhadap jabatan mana. Karena jabatan ini ada 10, kita belum tahu, apakah yang datang melihat persyaratan itu dia bisa lanjut atau tidak,” tutur Soulisa,

Meski demikian, anggota Sekretariat Pansel JPTP ini memprediksikan, seminggu kedepan sudah ada yang mendaftar. Apabila memenuhi syarat dalam dalam satu kuota jabatan, minimal satu kuota jabatan itu dilamar oleh tiga orang, apabila tiga orang yang kita inginkan itu, tidak tercapai, harus kita penambahan waktu untuk pendaftaran lanjutan, untuk memenuhi kuota.

“Bila jabatan tersebut, hanya diminati oleh dua orang, maka tidak bisa diseleksi, minimal tiga orang yang memenuhi seleksi. Jadi setelah pendaftaran 26 Maret, dilanjutkan pemeriksaan berkas. Bagi yang dinyatakan lolos pemberkasan di umumkan dan apabila tidak memenuhi kuota maka tidak bisa diumumkan, harus diumumkan kembali perpanjangan pendaftaran yang tujuannya untuk mencapai kuota seleksi,” ujar Lukman.

Sebab Soulisa menyebut, bila kuota tak terpenuhi, tidak mungkin kita laksanakan tahapan berikut, karena tak mungkin tahapan berikut tetap dilaksanakan, sementara kita harus balik lagi untuk membuka perpanjangan pendaftaran bagi jabatan yang belum memenuhi kuota. (YUL)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top