Saiful: US Pemanasan Menuju Ujian Nasional – Rakyat Maluku
EDUKASI

Saiful: US Pemanasan Menuju Ujian Nasional

Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Ambon, Saiful

KEPALA Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 7 Ambon, Saiful mengatakan, proses pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) merupakan bagian dari pemanasan dalam rangka mempersiapkan siswa  untuk menghadapi  Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN).

”US memang bisa dikategorikan sebagai pemanasan guna mempersiapkan mental, psikis siswa dalam rangka menghadapi USBN pada tanggal 20 Maret dan UN pada tanggal 3 April  mendatang,”ujar Saiful kepada  wartawan diruang kerjanya, Senin 13 Maret.

Dikatakan, meski US  menjadi bagian dari pemanasan namun  proses US sangatlah penting sebagai  pendukung penentu kelulusan siswa. Sebab itu siswa diharapkan  belajar lebih giat  lagi  sehingga mampu  melewati berbagai tahapan  atau rangkaian ujian ini.

Dijelaskan, proses US bagi  SMK se Kota Ambon yang berlangsung Senin 13 -18 Maret mendatang, diawasi  oleh guru masing-masing  dengan sistem silang Mata Pelajaran (Mapel),begitupun  pada proses USBN.’Kalau untuk UNBK,  sistem  silang dilakukan antar sekolah,  tidak lagi  kepada guru masing-masing Mapel,”jelas Saiful.

Kata Saiful, proses UAS SMK se Kota Ambon  yang dilaksanakan serentak itu merupakan  kesepakatan bersama dan sesuai  jadwal   Musyawarah Kepala Kepala Sekolah (MKKS) se Kota Ambon.”Ini  merupakan tahapan  ujian  menuju Ujian Nasional (UN) 3 April mendatang,”kata Dia.

Untuk UAS, Lanjut Saiful,  masing- masing sekolah berbeda  karena ada mapel yang diajarkan disekolah lain, disekolah lain belum  tentu,  karena  tergantung kelompoknya” Misalnya  kami di  SMK 7  masuk dalam  kelompok Seni Budaya  dan TIK, sedang dibeberapa sekolah lain ada kelompok teknologi , bisnis manajemen, bisniS Pariwisata,  kemudian ada kelompok pertanian,  perikanan dan lain lain tentu  beberapa mapel adaptifnya  berbeda, tetapi normatifnya sama  baik SMK, maupun SMK. Kelompok adaptif ini  berdasarkan,  program keahlian  yang ada disekolah masing-masing,”tambah Saiful sembari menjelaskan, Mata pelajaran adaptif adalah mata pelajaran yang beradaptasi  dengan kompetensi keahlian yang ada  disekolah masing-maisng.

Dia menambahkan, usai  Ujian Akhir sekolah ini,  siswa akan kembali diperhadapkan  dengan pelaksanaan USBN secara serentak pada 20-20 Maret untuk tiga Mata Pelajaran yaitu, Agama, PKN dan KKPI.”Jadi bagi sekolah yang  sudah  menerapkan Kurikulum 2013 akan   melaksanakan Simulasi Digital,  sedangkan pengmpuh Kurikulum 2006   menguji Keterampilan Komputer dan Pengetahuan Informatika.’tambah Saiful.

Kesempatan itu, Saiful kembali menghimbau kepada orang tua agar  terus  mengawasi dan mengawal proses belajar anak dirumah. Dia juga meminta agar  siswa  saat dirumah tidak diberikan beban yang dapat mempengaruhi  pelaksanaan  ujian. (CIK)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top