SMK AL- Wathan Lepas 127 Siswa Prakerin – Rakyat Maluku
EDUKASI

SMK AL- Wathan Lepas 127 Siswa Prakerin

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas, Suraida

SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) melepas sebanyak 127 siswa untuk mengikuti kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) disejumlah Industri maupun instansi pemerintah yang ada di Kota Ambon. Pelepasan 127 Siswa Prakerin Kelas ini berlangsung pada Selasa 7 Senin 6 Maret kemarin.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas, Suraida mengatakan, 127 siswa itu nantinya mengikuti Prakerin selama satu bulan penuh pada industri -industri atau instansi pemerintah yang ditempati sesuai dengan jurusan masing-masing.” 127 siswa Prakerin kelas X ini terdiri dari 6 orang Jurusan Farmasi, 26 orang Keperawatan, 11 orang Grafika dan 27 orang Jurusan NKPI.”ujar Suraida.

Dia menyebutkan, industri dan instansi pemerintah yang menjadi tujuan itu diantaranyam untuk Keperawatan, siswa akan disebar ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Air Besar (Arbes), Puskesmas Rijali, Puskesmas Waihaong, termasuk Rumah Sakit Angkatan Laut di Halong, Untuk Jurusan Grafika, siswa akan melaksanakan Prakerin itu di Percetakan, Aira,Media Printing, dan Percetakan Salam Indah, sementara 26 siswa NKPI akan mengikuti Prakerin pada salah satu perusahan yang berlokasi di Air Manis, Kecamatan Teluk Ambon.
Suraida menjelaskan,Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan kegiatan wajib untuk dilaksanakan, dimana Prakerin bagi kelas X sebagai bentuk pengenalan industri, sebelum nantinya mereka berada di Kelas XI untuk melaksanakan sistem pembelajaran ganda.

Dia menambahkan, kegiatan Prakerin ini akan dilaksanakan dua tahap, tahap pertama kelas X, sementara untuk kelas XI juga akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. “Kalau Prakerin untuk kelas XI bukan lagi pengenalan industri tetapi sudah lebih fokus pada proses pembelajaran atau yang sering disebut pembelajaran ganda. Waktu Prakerin pun akan berlangsung selama tiga bulan,”tambah Dia.

Kata Suraida lagi, saat ini pihaknya sudah membangun koordinasi untuk menempatkan siswa kelas XI yang melaksanakan Prakerin pada bulan depan.”Mereka nantinya ditempatkan ada RS Bhayangkari Tantui, RS Kudamati untuk jurusan Keperawatan, siswa jurusan Grafikan juga akan ditempati pada sejumlah perusahan percetakan di Kota Ambon sementara siswa NKPI akan ditempatkan di ASDP Cabang Ambon.

Khusus untuk Jurusan NKPI, karena saat ini lagi moratorium, sehingga kapal-kapal tidak beroperasi makanya kami koordinasi bersama ASDP Cabang Ambon sehingga mereka bisa melaksanakan Prakerin disana,”kata Suraida sembari menambahkan pula, siswa kelas XI yang akan melaksanakan Prakerin di Bulan Apri mendatang itu sebanyak 60 orang terdiri dari Jurusan Keperawatan sebanyak 14 orang, Jurusan NKPI 30orang dan Jurusan Grafika 16 orang. (CIK)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top