40 Ribu Warga Di Ambon Belum Kantongi Fisik e-KTP – Rakyat Maluku
AMBONESIA

40 Ribu Warga Di Ambon Belum Kantongi Fisik e-KTP

Ilustrasi

40 ribu warga di Kota Ambon terdata sampai saat ini belum mengkantongi fisik Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP). Padahal, ribuan warga ini resmi telah merekam identitas diri di kantor kecamatan untuk mendapatkan e-KTP di Kota Ambon.

Belum tersedianya fisik e-KTP ini, karena blangko untuk mencetak e-KTP habis di Kantor Capil Kota Ambon. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Ambon, M. Dien Tuharea, kepada wartawan, kemarin.

Dien mengakui, kendala ini tidak disengaja. Tapi, karena blangko yang digunakan untuk mencetak e-KTP telah habis. “Ada 40 ribu warga yang sudah melakukan perekaman tetapi belum terima fisik e-KTP karena blangko masih kosong. Olehnya itu sesuai surat edaran Mendagri agar dibuat surat keterangan untuk memudahkan warga dalam berbagai urusan. Hingga saat ini sudah 1.700 surat keterangan yang kita terbitkan untuk membatu warga dalam berbagai pengurusan,” ungkap ia.

Menurut ia, blangko akan diterima oleh daerah sekitar akhir bulan April 2017. Namun daerah tidak bisa langsung mendapat blangko sesuai dengan kebutuhannya. Misalkan ada 40 ribu blangko yang dibutuhkan di Kota Ambon, dan belum tentu akan dikirimkan langsung dengan jumlah tersebut. Semua tergantung di pusat.

“Kalau memang hanya dikasih 5.000 blangko, kita tetap terima. Sebab semua daerah pasti meminta jatah blangko. Olehnya itu, sudah saya arahkan ke staf agar cetak e-KTP sesuai laporan yang diterima. Jangan sampai dicetak tapi warganya sudah berpidah ke daerah lain atau sudah meninggal dunia.” Ia optimis dalam tahun 2017 ini semua warga yang sudah melakukan perekaman akan mendapatkan e-KTP, tutup dia. (R1)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top