Asesor BAN-PT Visitasi Prodi Magister PAI Pascasarjana IAIN Ambon – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Asesor BAN-PT Visitasi Prodi Magister PAI Pascasarjana IAIN Ambon

TIM dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan assesment lapangan terhadap borang Akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Visitasi yang dilakukan oleh Dr. Karwadi, M.Ag dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Suparto, M.ED., Ph.D dari UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta, berlangsung di Gedung PPs IAIN Ambon, Kamis, 2 Maret kemarin.

Direktur Program Pascasarjana IAIN Ambon, Prof. Dr. H. Abd. Khalik Latuconsina, M.Si, mengawali sambutannya dalam acara kemarin menjelaskan, sebelum Tim Asessor BAN-PT melakukan assesment lapangan ini, pihaknya telah lebih dulu mengajukan permohonan kepada BAN-PT untuk divisitasi Prodi yang dikembangkan di PPs IAIN Ambon. Hal ini dilakukan guna menjawab tantangan dan kebutuhan pembangunan sumber daya manusia di Provinsi Maluku khususnya dan Indonesia umumnya. Tentu, selain itu, visitasi dilakukan dalam rangka memenuhi amanat peraturan pemerintah dan undang-undang tentang sistem pendidikan di negara ini. Ia berharap, proses visitasi ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan target yang ingin dicapai dalam rangka memajukan program kependidikan baik di lingkup IAIN Ambon maupun Maluku pada umumnya. Visitasi bagi sebuah program studi yang ada di perguruan tinggi, baik jenjang S1 maupun S2, menurut mantan Kakanwil Maluku ini, merupakan suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi, dalam rangka menjamin setiap lulusannya yang kualifaid di bidang ilmunya dan sekaligus untuk memberikan kepercayaan kepada pangsa pasar, pemerintah dan masyarakat. Selain itu, visitasi dilakukan juga untuk memenuhi prinsif rencana program pembangunan menuju kampus yang ideal, sesuai visi dan misi yang dikembangkan di PPs IAIN Ambon.

Sementara Asessor BAN-PT Dr. Karwadi, M.Ag dan rekannya, Suparto, M.ED., Ph.D, menjelaskan, mereka berada di PPs IAIN Ambon, dalam rangka melakukan assesment borang akreditasi yang telah diajukan kepada BAN-PT. Kehadiran mereka di IAIN Ambon sesuai mandat yang dipercayakan dari BAN-PT sebagai tim assesment. Keduanya bertugas melakukan assesment lapangan terhadap berkas tertulis yang sudah diajukan oleh Pascasarjana IAIN Ambon. Mengecek fisiknya, baik gedung maupun sistem dan tata kelola administrasi, hingga  Tentu, sebagai Tim Assesment, keduanya bukan penilai tapi hanya menjalankan tugas assemesment, mengoreksi dan mengimput dokumen, sesuai mandat yang diterima dari BAN-PT, sementara untuk penilaian, sepenuhnya diserahkan kepada BAN-PT sekembalinya mereka ke Jakarta. Keduanya berharap, semua hal yang tertulis di dalam borang akreditasi dapat dibuktikan fisiknya, sehingga proses assesment yang dilakukan dapat berjalan tepat dan cepat sesuai target waktu yang ditentukan.

Tak lama sesi pembukaan, Tim Assesmentt BAN-PT ini langsung melaksanakan tugas mereka. Keduanya membagi tugas masing-masing. Dr. Karwadi maraton melakukan wawancara dan konfirmasi dokumen kepada pimpinan mulai dari Direktur Pascasarjana, Wakil Rektor II, Dr. Ismail DP, maupun Ketua LPM IAIN Ambon, Dr. Abidin Wakano, hingga para staf pengajar di PPs. Sementara rekannya, Suparto, mengkonfirmasi dokumen administrasi mulai dari keberadaan SK staf administrasi, staf dosen, hingga administrasi pelaksanaan kegiatan di pascasarjana, maupun pengelolaan anggaran.

Sekadar diketahui, Program Pascasarjana IAIN Ambon saat ini selain mengembangkan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, juga telah mengusulkan program baru Hukum Keluarga kepada Pemerintah Pusat. Bila tak ada aral, Program Hukum Keluarga sudah dapat dilauncing setelah ini, dan sekaligus membuka penerimaan mahasiswa baru, karena syarat-syaratnya telah diterima pihak Kementerian Agama RI, di Jakarta. (WHL)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top