Hitung Dana Proyek Master Plan Di Bappeda SBB Jaksa Panggil Saksi Ahli – Rakyat Maluku
HUK-RIM

Hitung Dana Proyek Master Plan Di Bappeda SBB Jaksa Panggil Saksi Ahli

Palu Hakim

TIM Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku memanggil saksi ahli untuk menghitung anggaran proyek master plan perencanaan Tata Ruang dan Wilayah di lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) tahun 2007-2009 sebesar Rp 2,4 miliar.“Kita butuh ahli untuk menilai apakah pekerjaan proyek master plan itu telah sesuai dengan anggaran yang keluarkan melalui APBD senilai 2,4 miliar atau tidak,” ucap Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulete, kepada koran ini, di ruang kerjanya, Kamis, 2 Maret 2017.

Selain itu, kata Samy, keterangan saksi ahli tersebut untuk menemukan titik terang perbuatan melawan tindak pidana korupsinya (tipikor) ditahap penyidikan.

“Dari temuan Kejaksaan Agung (Kejagung) RI ditahap penyelidikan, di­­temukan anggaran yang tidak dapat di­pertanggungjawabkan senilai Rp 1,8 ­miliar dari total anggaran pro­yek se­nilai Rp 2,4 miliar. Sisanya se­nilai Rp ­600 juta telah diserahkan ke kontrak­tor. Untuk itu, keterangan sak­­si ahli sangat dibutuhkan untum me­nilai pekerjaan proyek tersebut,” te­rang Samy.

Dijelaskan, ditahun 2007, Bappeda Kabupaten SBB mendapatkan anggaran melalui APBD senilai Rp 1,2 miliar untuk pekerjaan proyek master plan perencanaan Tata Ruang dan Wilayah di tiga kecamatan. Dan di tahun 2008 dengan proyek yang sama, pihak Bappeda Kabupaten SBB kembali menerima anggaran senilai Rp 637 juta untuk enam kecamatan. Sementara di tahun 2009, pihak Bappeda Kabupaten SBB kembali mendapatkan anggaran yang sama untuk proyek yang sama untuk kota Piru.

“Yang pasti semua pihak yang terlibat atau yang mengatahui proyek master plan di tahun 2007-2009 ini akan kita panggil untuk diperiksa guna mengetahui apakah pekerjaannya telah sesuai dengan anggaran yang dicairkan atau tidak,” jelas Samy. (RIO)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top