Papaparisa Baru Menang, Taring Parpol Pendukung Pantas Tak Menggigit – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Papaparisa Baru Menang, Taring Parpol Pendukung Pantas Tak Menggigit

KEMENANGAN pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler dengan jargon Paparisa Baru, mengalahkan pasangan Paulus Kastanya-Sam Latuconsina, dalam perhelatan akbar Pilkada Kota Ambon kemarin, menjadi hikmah untuk masyarakat di Kota Ambon dan Maluku. Bahwasanya, Parpol pendukung tidak selamanya menjadi indikator kemenangan bagi setiap calon.

Kemenangan pasangan Paparisa Baru yang hanya didukung oleh tiga Parpol, jelas menegaskan, bahwa sembilan Parpol pendukung pasangan Pantas tak mampu melumpuhkan skill Paparisa Baru. Sembilan Parpol pendukung yang bahkan saat pendaftaran pasangan Pantas sempat menghadirkan para tokoh politik nasional, juga tak membawa pengaruh di kotak suara. Buktinya, pasangan Paparisa Baru unggul saat puncak Pilkada yang digelar kemarin.

Parpol pendukung pasangan Pantas itu; Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sementara pasangan Paparisa Baru, hanya didukung oleh Partai Golkar, PPP dan Partai Nasdem. Meski kecil partainya, Paparisa Baru mampu memainkan kepiawaiannya hingga dapat memenangkan Pilkada Kota Ambon.

Atas kemenangan pasangan Paparisa Baru ini, para politisi menyatakan salut terhadap kemampuan timnya. Mereka berhasil melawan kekuatan besar politik, yang arusnya selain tajam saat sosialisasi, juga tenar di masyarakat. Tapi, hasilnya dari setiap TPS di Kota Ambon, pasangan Papaparisa Baru lebih unggul dibanding pasangan Pantas.

Dinamika saat masa kampanye juga panas. Pasangan Pantas lebih memperlihatkan kepiawaiannya di lapangan dibanding pasangan Paparisa Baru. Faktanya, pasangan Paparisa Baru yang hanya berlayar dengan tiga bendera Parpol, berhasil keluar sebagai juara. Alih-alih kepentingan politik untuk menang di Pilkada Kota Ambon, politisi Edwin Huwae, yang juga Ketua Tim Pasangan Pantas, Edwin Huwae, bahkan menegaskan tidak akan mau kalah dari Richard Rahakbauw, yang memboyong pasangan Paparisa Baru. Sayangnya, penegasan Edwin hanya isapan jempol. Dewi Fortune justru berpihak kepada Pasangan Paparisa Baru, sebagai Walikota dan Wakil Walikota Ambon.

“Saya kira, fakta membuktikan, Edwin Huwae selaku Ketua Tim Pemenangan pasangan PANTAS, gagal membawa Polly-Sam sebagai walikota dan wakil walikota Ambon. Padahal, ada delapan partai pengusung dan ditambah satu partai pendukung yakni PKPI. Richard Rahakbauw dalam mendraif pasangan PAPARISA BARU dengan didukung oleh tiga partai politik, mampu memenangkan pertarungan. Ini prestasi dan capaian politik yang diukir oleh Richard Rahakbau yang harus diakui oleh Edwin Huwae,” sindir kader DPD Partai Golkar, kepada Rakyat Maluku kemarin.

Menurut ia, pertarungan walikota dan wakil walikota Ambon tahun 2017 ini sangat menarik. Selain, saling berhadapan antara partai koalisi besar melawan koalisi kecil, namun yang paling menarik, pilwalkot ini, merupakan ajang pertarungan harga diri antara kedua politisi besar ini, yakni Edwin Huwae dari PDI Perjuangan dan Richard Rahakbau dari partai Golkar. “Panggung politik ini sangat tepat untuk menaikan karir politik keduanya. Baik Edwin Huwae maupun Richard Rahakbau sangat menikmati panggung politik ini. kompetisi ini semakin menarik dan sangat menegangkan. Yang akhirnya dimenangkan oleh PAPARISA BARU atas desain politik dan strategis yang dimainkan oleh Richard Rahakbau. Pertanyaannya, Edwin Huwae mengakui itu tidak. Bagi saya, Richard Rahakbau tidak butuh pengakuan itu, tetepi kalau seorang Edwin Huwae pernah menyatakan bahwa selama ini dirinya tidak pernah terkalahkan dari Richard Rahakbau, maka maka fakta politik tahun 2017 membuktikan Richard Rhakbau kalahkan Edwin Huwae,” tutup sumber kami, yang enggan namanya dikorankan tersebut. (R1)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top