Saksi Akui Pinjam Rp. 275 Juta – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Saksi Akui Pinjam Rp. 275 Juta

  • Sidang Skandal Bank Maluku Cabang Surabaya

STAF Umum dan Hukum PT Bank Maluku, Mike Arrijeane Joseph, mengakui bahwa dirinya meminjam uang dari Yayasan Hari Tua PT. Bank Maluku sebesar Rp 275 juta atas perintah atasannya, Fredy Sanaky selaku kepala Devisi Umum dan Hukum.

“Pada Mei 2014, ada permohonan pin­jaman uang di Yayasan Hari Tua oleh Fredy Sanaky sebesar 275 juta mengatasnamakan nama saya,” ucap Mike, dalam keterangannya sebagai saksi atas terdakwa Idris Rolobessy, di Pengadilan Tipikor Ambon, Selasa, 10 Januari 2017.

Setelah menandatangani berita acara pinjaman di Yayasan Hari Tua, lanjut saksi Mike, tepatnya pada 23 Mei 2014, dilakukan pencairan atau penarikan uang tunai sebesar Rp 275 juta.

“Setelah saya tarik uang sebesar Rp 275 juta, kemudian uang tersebut saya serahkan secara tunai juga kepada pak Fredy di ruang kerjanya. Menurut pak Fredy, uang sebanyak itu akan digunakan untuk kepentingan pribadinya,” beber saksi.

“Saya juga pernah tanya langsung ke pak Fredy apakah bapak tidak menyusahkan saya?. Dan pak Fredy menjawab bahwa dirinya akan bertanggung jawab atas semuanya,” imbuh saksi Mike.

Soal proyek pembelian lahan dan bangunan untuk pembangunan Kantor Bank Maluku Cabang Surabaya tahun 2014 sebesar Rp 54 miliar, saksi Mike mengaku tidak mengetahuinya. “Saya tidak tahu soal proyek itu. Yang saya tahu soal pinjaman di Yayasan Hari Tua oleh pak Fredy mengatasnamakan nama saya. Dan setahu saya uang pinjaman itu sudah dilunasi oleh pak Fredy. Pak Fredy sendiri bicara ke saya bahwa dirinya sudah melunasi pinjaman itu,” jelasnya.

Usai mendengar keterangan dari saksi Mike Arrijeane Joseph, Ketua Majelis Suwono, didampingi dua hakim anggota Christina Tetelepta dan Benhard Panjaitan, kemudian menunda persidangan hingga Rabu besok (hari ini), dengan agenda sidang men­dengar keterangan saksi-saksi lainnya. (RIO)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top