Operasi Zebra, Ditlantas Maluku Tilang 34 Motor – Rakyat Maluku
HUK-RIM

Operasi Zebra, Ditlantas Maluku Tilang 34 Motor

OPERASI Zebra telah dimulai sejak tanggal 16 November dan akan berakhir tanggal 29 November 2016. Operasi ini sudah berjalan empat hari. Di Maluku khususnya Kota Ambon, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Maluku baru melakukan Operasi Zebra Siwalima pada Sabtu, 19 November.

Operasi dilakukan dengan cara patroli. Patroli pun tidak saja polisi, tapi ikut mengandengkan TNI, dalam hal ini POM, baik POM  AD amaupun AL. Dari kegiatan Sabtu malam itu, puluhan  motor diamankan  tim gabungan Polda Maluku dan TNI. Puluhan pelanggaran di temukan saat petugas melakukan patroli di sepanjang jalan di kawasan Kecamatan Sirimau Kota Ambon dan di atas Jembatan Merah Putih (JMP).

Diamankan sepeda motor roda dua, lantaran tidak memiliki kelengkapan kendaraan. Umumnya SIM dan STNK.
Petugas patroli berhasil mengamankan setelah menemukan para pengendara tidak menggunakan helm, kaca spion dan pelat nomor polisi.

Mereka diberhentikan. Untuk boncengan yang tidak memakai helm, serta tidak memiliki kelengkapan lainnya dan administrasi, dibimbing dan diberikan pemahaman tentang keselamatan berlalulintas. Namun, apabila tidak memiliki kelengkapan administrasi langsung diamankan.

Saat diamankan, ada warga yang hendak membayar ditempat, tapi anggota Ditlantas, tidak ngotot  karena sesuai aturan, harus diselesaikan di persidangan “Jang marah bung, motornya tidak bisa diambil. Nanti iko sidang aja. Setelah itu baru dapat mengambil motornya kembali,” ungkap salah satu petugas kepada pengendara yang ingin menebus pelanggaran yang dilakukannya.

Menurut petugas Lantas,  itu kepada pengendara yang diketahui melakukan tiga pelanggaran sekaligus yakni boncengan tidak memakai helm serta tidak memiliki SIM dan STNK itu bahwa silahkan mengikuti sidang sebagaimana tertera dalam belangko tilang.

“Ada di belangko tilang itu. Kalau tidak salah tanggal 2 Desember 2016 pelaksanaan sidangnya,” pungkas petugas lalu lintas itu.

Sementara Wakil Direktur Lalu Lintas AKBP Bintang Juliana yang dihubungi Rakyat Maluku, membenarkan kalau pihaknya sementara mengelar Operasi Zebra Siwalima 2016. Operasi tersebut difokuskan kepada pengendara yang tidak mematuhi aturan.”Fokus kami, itu untuk pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas,” jelasnya.
Kegiatan ini (Ops Zebra Siwalima), itu tidak dilakukan pada satu tempat, di mana berdiri dan melakukan razia, tapi dilakukan dengan cara patroli.”Kami tidak melakukan razia seperti yang selama ini biasa anggota lakukan, tapi dengan cara patroli. Bila mendapatkan pengendara yang tidak memiliki kelengkapan pribadi maupun kendaraannya, kita tilang,” ulasnya.

Dia mengatakan, apa yang dilakukan pihaknya, untuk meminimalisir angka laka lantas yang terjadi di Maluku.”Kita juga meminimalisir angka laka lantas. Kalau kita lihat, laka lantas semakin meningkat,” tutupnya.  (AAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top