IPDN Siap Tampung Putra-Putri Asal SBT – Rakyat Maluku
DAERAH

IPDN Siap Tampung Putra-Putri Asal SBT

  • Bupati Mukti Keliobas Jajaki Kerjasama Dengan IPDN

BUPATI Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas kembali melakukan terobosan dengan mengunjungi kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Bandung, Jawa Barat, di dampingi Kabag Ortala A. G. Salampessy, Kepala Bappeda Zainal Vanath, dan Dr. A. Karim Kilkoda. Dalam kunjungan ke kampus pencetak para pamong itu, mereka diterima Gubernur IPDN Prof. DR. Ermaya Suradinata, SH, MSi, Sabtu, (19/11/16).

“Pak Gubernur IPDN sangat antusias dan memberikan apresiasi pada Pak Mukti Keliobas yang di awal pemerintahannya sangat peduli terhadap peningkatan SDM,” ujar Kasubag Pemberitaan Humas Pemkab SBT Abdul Djabar Tianotak mengutip pernyataan Bupati Mukti Keliobas dalam pertemuan bersama Gubernur IPDN yang juga mantan Gubernur LEMHANAS RI, itu.

Menurut Tianotak, pada prinsipnya IPDN siap menampung dan mendidik putra-putri terbaik asal SBT terutama untuk melatih dan memberikan trik-trik khusus untuk bisa mengikuti seleksi nasional serta menampung, melatih, dan mendidik PNS/ASN SBT untuk masa waktu satu hingga dua tahun di Kampus IPDN.

Dikatakan, kerjasama ini tidak hanya terfokus pada lulusan SMA/MAN putra-putri SBT untuk melanjutkan studi ke IPDN tetapi juga kerjasama dalam rangka peningkatan SDM PNS/ASN SBT terutama lulusan pemerintahan untuk digodok di IPDN.

“Jadi, selain menjajaki kerjasama pendidikan lulusan SMA/MAN SBT dengan IPDN, dalam kunjungan di kampus IPDN ini juga dijajaki kerjasama untuk peningkatan kapasitas PNS/ASN SBT untuk menambah kapasitas mereka selama waktu tertentu di kampus IPDN,” ujarnya lagi.
Jadi, kata Tianotak, dalam pertemuan itu setidaknya ada tiga poin penting yang disepakati yakni pertama IPDN akan memberikan Bimtek pada siswa/siswi lulusan SMU/MAN dari SBT untuk nantinya melanjutkan studi di IPDN. “Langkah ini dilakukan karena selama tiga tahun terakhir tak ada satu pun siswa/siswi dari SBT yang lolos seleksi di IPDN,” ujanya.

Kedua, program pendidikan profesi bagi para camat, lurah/Kades dan ASN yang bukan lulusan pemerintahan. “Mereka ini akan digembleng selama delapan bulan hingga setahun di IPDN tentang Kepamongprajaan dan Ketatanegaraan,” ujarnya.

Dan, ketiga pendidikan revolusi mental bagi para pejabat eselon II, III hingga eselon IV. “Mereka akan diikutkan bersama bupati/walikota dan gubernur di Kampus IPDN yang pengajarnya adalah para menteri, tenaga profesional dll. selama tiga hari di Kampus Jatinangor,” tuturnya.

Sebagai tindak lanjut atas penjajakan kerjasama tersebut, kata Tianotak, direncanakan Januari tahun depan Gubernur IPDN Ermaya Suradinata akan berkunjung ke SBT sekaligus penandatanganan MoU dengan Pemda SBT.
“Namun sebelumnya sebagai bentuk apresiasi pada Bupati Abdul Mukti Keliobas yang telah berkunjung ke Kampus IPDN akan dianugerahi Gelar Kehormatan dari IPDN yang langsung diberikan oleh Mendagri yang rencananya akan berlangsung di Kampus IPDN Desember 2016,” ujar Tianotak.

Selain mengunjungi IPDN, Bupati Mukti Keliobas bersama Kabag Ortala, A. G. Salampessy, Kepala Bappeda, Zainal Vanath dan Dr. A. Karim Kilkoda, juga menjajaki kerjasama dengan GM PT. Telkomsel Pusat di Jakarta, Jumat, (18/11/2016). (DIB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top