KPU Belum Tentukan Bentuk Surat Suara Pilkada Malteng – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

KPU Belum Tentukan Bentuk Surat Suara Pilkada Malteng

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah hingga saat ini belum bisa memastikan bentuk surat suara yang nan­tinya akan digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat.  Ketua KPU Maluku Tengah Ridwan Tomagola bahkan menegaskan sampai sekarang belum ada kejelasan dari KPU-RI tentang bentuk kertas suara yang akan dipakai di hari pelaksanaan pungut suara.

“Secepatnya akan kita sampaikan. Kita masih berkonsultasi dengan KPU-RI tentang pencoblosan di Pilkada Malteng seperti apa,” kata Ridwan Tomagola kepada Rakyat Maluku, Rabu 9 November 2016.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Maluku Tengah hanya diikuti satu pasangan calon yakni Tuasikal Abua dan Marlatu Leleury, sampai tahapan kampanye diadakan KPU tidak lagi menggelar pencoblosan nomor urut untuk dipakai dalam kertas suara.

Menurut Tomagola, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang mengatur tentang pekerjaan tehnis penyelenggara, tidak secara jelas menerangkan mengenai kertas suara yang hanya diikuti satu pasangan calon.
“Apakah menggunakan ya atau tidak setuju, ataukah boleh menggunakan foto satu pasangan calon saja, kami masih berkonsultasi dengan KPU RI,”  terang Tomagola.

Tomagola juga belum dapat memastikan apakah kelompok masyarakat diperbolehkan  mengkam­panyekan pilih kotak kosong di Pilkada Malteng ataukah tidak.

“Itu juga sedang kami konsultasikan, siapa saja unsur apa saja yang boleh melakukannya,” kata Tomagala.
Sementara dari penelusuran Rakyat Maluku di laman website KPU.RI, surat suara untuk Pilkada yang hanya satu pasang  calon seperti yang terjadi di Pilkada Malteng, surat suaranya berbeda dengan surat suara yang dipakai pada Pilkada yang diikuti lebih dari dua pasang calon.

Dimana ada foto pasang calon tertera di pojok paling atas dan ada dua kolom di bagian bawah. Pada kedua kolom dimaksud, masyarakat diberi pilihan setuju ataukah tidak setuju dengan calon dimaksud. (ARI)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top