Gubernur Ancam ASN Bermain Politik Di pilkada – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Gubernur Ancam ASN Bermain Politik Di pilkada

Gubernur Maluku - Said Assagaff

SELAKU penguasa tertinggi di Provinsi Maluku, Said Assagaff sangat mengharapkan agar proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar di Provinsi Maluku pada Februari 2017 mendatang berjalan aman, lancar dan tertib. Bahkan, Gubernur menginginkan agar proses Pilkada di Maluku dapat menjadi contoh bagi seluruh daerah di Indonesia.

Guna merealisasikan hal ini, gubernur mengaku, tidak akan segan-segan untuk melakukan pemecatan dengan tidak hormat bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti secara sah sesuai aturan perundang-undangan terlibat dalam permainan politik. “Kemarin Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, telah memberhentikan ASN yang kedapatan dan terbukti terlibat politik. Kapolri juga pecat Kapolsek,” tegas Gubernur, kemarin.

Kata dia, semua ASN harus tahu posisinya. Sehingga tidak seenaknya masuk ke ranah politik. Menurut dia, setiap ASN harus bersikap netral dalam Pilkada. Peraturan mengenai hal tersebut tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang melarang PNS untuk terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan pemilihan kepala daerah dan kegiatan kampanye, baik secara aktif maupun tidak aktif, langsung ataupun tidak langsung.  “Bagi PNS yang terbukti melakukan pelanggaran, sanksi sudah disiapkan mulai dari sanksiringan, sanksi sedang berupa dicopot dari jabatan, hingga sanksi pemecatan,” tandas dia.

Ia berharap, seluruh ASN di Maluku harus tertib ba­risan. Ia menilai, untuk apa bermusuhan saat pil­kada. Padahal calon-calon yang maju juga semua ada­lah orang Maluku. Artinya, saling mengenal sa­tu dengan yang lain. Maka dari itu, siapapun ya­ng­ nantinya menang, tidak menjadi masalah apa­lagi ha­­rus ribut-ribut. “Kemenangan itu adalah ke­me­­na­n­gan rakyat,” tegas mantan Wakil Gubernur Ma­luku. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top