Belum Tahu Keabsahan Suara Maluku – Rakyat Maluku
ALL SPORT

Belum Tahu Keabsahan Suara Maluku

Kasrul Selang

PENGURUS Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Maluku menyatakan belum mengetahui dengan pasti keabsahan suara (vote) Maluku pada Musyawarah Nasional PBSI di Jakarta, belum lama ini, yang akhirnya secara aklamasi memilih Wiranto sebagai ketua umum induk organisasi bulutangkis hingga lima tahun ke depan.

’’Saya belum dapat informasi soal suara Maluku dinyatakan tidak sah dari teman-teman yang ikut karena Munas PBSI kemarin hanya aklamasi,’’ ungkap pengurus teras PBSI Maluku, Kasrul Selang kepada Rakyat Maluku melalui akun facebooknya, Rabu (9/11). Sebagaimana diberitakan berdasarkan verifikasi Tim  Penjaringan dan Penyaringan Munas PBSI Fuad Basya dilaporkan ada dua nama yang mengisi bursa bakal calon ketua umum PP PBSI 2016-2020, yaitu Gita Wirjawan dan Wiranto. Gita maju dengan 18 dukungan.

Sebanyak 12 dukungan yang dinyatakan sah dan memenuhi syarat.Adapun enam dukungan yang dicabut berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara dan Kalimatan Utara.  Sementara Wiranto mendaftar dengan didukung 19 pengprov. Hasil tim verifikasi menyatakan satu suara dari Kalimantan Utara tidak sah karena surat dukungan tidak memenuhi ketentuan tim Penjaringan dan Penyaringan. Total dukungan yang memenuhi persyaratan adalah 18 suara.

Berdasarkan AD/ART PBSI, total suara pemilihan calon ketua umum PP PBSI dalam musyawarah nasional berjumlah 34+1, 34 dari pengurus provinsi PBSI seluruh Indonesia, serta satu suara dari pengurus pusat PBSI. Total dukungan adalah 30 dukungan yang sah dan memenuhi syarat dalam pencalonan ketua umum.

Sebanyak lima suara tidak masuk dalam hitungan dukungan pencalonan yaitu, pertama PP PBSI karena merupakan penyelenggara yang bersifat netral. Kedua, pihak pengprov Jawa Timur yang juga bersikap netral selaku tuan rumah. Ketiga, Jawa Tengah juga bersikap netral. Kemudian ada Maluku yang tidak punya hak suara karena belum mempunyai surat pengukuhan organisasi. Disusul Kalimantan Utara yang surat dukungannya tidak memenuhi ketentuan tim Penjaringan dan Penyaringan. (ROS/ADK/JPNN)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top