Gubernur Segera Selesaikan Kasus Unidar – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Gubernur Segera Selesaikan Kasus Unidar

Ratusan Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon (Unidar) berunjuk rasa di Kantor Gubernur Maluku, Senin 7 November 2016.

GUBERNUR Maluku, Said Assa­­gaff, mengaku bahwa diri­nya telah ditunjuk keluarga Hasan Slamet sebagai Ke­tua Yayasan Universitas Darus­­salam (Unidar) Ambon.  Ka­re­nanya Assagaff ber­janji  akan menyelesaikan persoalan yang
terjadi di Unidar  saat ini, secepatnya.

“Dalam waktu dekat saya akan bertemu Menristek Dikti untuk menyampaikan apa yang menjadi tuntutan mahasiswa. Saya juga nantinya akan membawa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk mempertegas apa yang menjadi tuntutan mahasiswa,” ujar Assagaff, saat bertemu nahasiswa Unidar yang melakukan aksi demonstran di kantor Gubernur Maluku, Senin 7 November 2016.

Dirinya mengakui, sudah beberapa kali mengun­dang Rektor Unidar Ibrahim Ohorella dan Farida Mony, namun tidak ada pernyataan dari kedua pihak untuk menyelesaikan persoalan ini. Menurutnya, saat ini masalah Unidar telah masuk ke ranah hukum dan tidak bisa lagi di interferensi. Baginya siapapun yang menjadi rektor, yang penting mahasiswa bisa wisuda.

“Sekarang sudah ada di ranah hukum dan tidak bisa di interferensi, entah siapa yang jadi rektor, yang bagi saya kalian wisuda dan pihak Kopertis harus mengeluarkan izin untuk wisuda,” tegasnya.

Sebelumnya, Senin 7 November 2016, mahasiswa Unidar mendatangi kantor gubernur Maluku mela­kukan aksi demo besar-besaran menyikapi persoalan yang terjadi di Unidar, yakni dualise Yayasan Darusslam yang telah berlangsung selama empat tahun lebih, namun tak kunjung selesai, bahkan penyelesaiannya semakin tak pasti.

Alhasil akibat ini, para mahasiswa di Unidar yang berada di kampus Unidar Tulehu maupun yang ada di kampus Unidar Wara, merasa dirugikan dan tak pasti soal   nasib mereka. Karenanya para  mahsiswa Unidar meminta ketegasan Gubernur Maluku Said Assagaff untuk segera turun tangan menyelesaikan kasus tersebut,  yang mana dalam tuntutannya para mahasiswa Unidar menilai  Gubernur Maluku Said Assagaff harus bertanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan nasional di Maluku salah satunya di Unidar.

Gubernur Maluku Said Assagaff  juga diminta segera lakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Menristekdikti untuk secepatnya diterbitkan SK untuk dibukanya Pangkalan Data Perguruan Tinggi Unidar dan sekaligus SK pembaharuan izin penyelenggara pendidikan Unidar. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top