Fasilitas Buruk, Harga Sewa Tenan Bandara Pattimura ‘Mahal’ – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Fasilitas Buruk, Harga Sewa Tenan Bandara Pattimura ‘Mahal’

PARA tenan atau pemilik gerai di area Bandara Internasional Pattimura Ambon, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura (AP) I, merasa diperas oleh pihak pengelola. Bagaimana tidak, harga sewa yang dibebankan kepada para pengelola gerai tidak seimbang dengan kondisi fasilitas yang disediakan oleh pihak AP.

“Kenaikan harga sewa sudah sangat tinggi yang diberlakukan oleh pihak PT AP bagi kami.” Beber Ibu Evie, yang ditemui Rakyat Maluku, Senin, 7 November. Menurut dia, kenaikan tersebut tidak relevan dengan fasilitas penunjang yang ada di area bandara. Misalnya saja kondisi pendingin ruangan (air conditioner – AC) yang macet-macet, belum lagi kondisi toilet yang tidak nyaman, serta bebrapa fasilitas penunjang kenyamanan lainnya. “Pihak AP hanya mengejar target semata, tetapi mengabaikan kewajiban mereka.”

Hal senanda juga disampaikan pengelola gerai lainnya, Pak Budi. Dimana kata dia, setiap saat pihak AP selalu menaikan harga sewa, dengan alasan harus disesuaikan dengan keinginan pusat. Padahal, kondisi Bandara Pattimura sendiri berbeda dengan bandara lainnya di luar Maluku, yang tingkat kunjungannya tinggi.

“Di lain sisi kita dipaksa bayar sewa yang cukup mencekik leher, namun tidak ditunjang dengan fasilitas maupun pemasukan yang ada.” Saat hal itu dikonfirmasi dengan pihak AP yakni Sales and Service Departemen PT AP 1 Irfan Jihad, menjelaskan, masalah tenan ini, memang pihaknya menginginkan adanya perbaikan.

Pasalnya erat kaitan dengan pelayanan penumpang. Misalnya dari sisi tampilan, gerai, peroduk yang dijual. “Kita memang ada arah kesana dengan melibatkan anak perusahaan. Tentunya dengan peningkatan inflasi diharapkan para tenan kita ikut mempercantik gerainya,” ujar dia.

Menurut dia, kenaikan harga sewa tersebut merupakan penataan dari sisi pelayanan. Dengan demikian pihak AP sendiri merasa wajar menyangkut harga sewa tersebut. Mengingat tiap tahun, PT AP 1 untuk PAD-nya telah ditargetkan oleh Kementerian. “Kenaikan ini disesuaikan dengan RKA kita. Kemarin anak perusahaan sudah mendesain bagaimana gerai-gerai yang bagus,” pungkas dia. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!