Bangunan Di Jalan Pala Terancam Ambruk – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Bangunan Di Jalan Pala Terancam Ambruk

SALAH satu bangunan yang terletak di kawasan Jalan Pala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon  terancam ambruk. Hal ini  terindikasi  dari trotoar yang berada  tepat di  depan bangunan itu mulai miring. Diduga, akibat  tanah dilokasi  itu tidak mampu menahan beban bangunan tersebut. Apalagi kawasan tersebut merupakan kawasan timbunan.

Pantauan koran ini,  trotoar yang  baru diperbaiki  beberapa  tahun  kemarin   tampak mengalami kemiringan. Namun   itu terjadi hanya tepat  disalah satu bangunan dikawasan Jalan Pala. Sebab,  bangunan  tersebut awalnya hanya dua lantai namun belakangan ini  ada penambahan  menjadi lima lantai.

Sejumlah pihak yang ditemui Wartawan dilokasi bangunan tokoh tersebut, Senin 7 November kemarin  menyebutkan, jika kondisi tersebut tidak segera diatasi secara teknis, lambat laun tanah areal bangunan tokoh tersebut  dikhawatirkan akan amblas. ”Dilihat dari jauh tidak  tam­pak. Tapi jika kondisi ini dilihat  dari dekat maka  pasti ketahuan bahwa   trotoar    tepat didepan  bangunan lima lantai  tersebut mulai menurun.

Jika   hal ini tidak disikapi maka sangat dikhawatirkan bangunan tersebut bisa saja amblas jika sewaktu-waktu terjadi  gempa bumi,”ujar  salah warga yang  yang sempat ditemui wartawan dikompleks Jalan Pala. Warga  itu menuturkan, sebelum adanya  penambahan lantai pada sala satu bangunan di Jalan Pala itu, trotoar   dalam kondisi  stabil seperti  di depan beberapa bangunan lainya. Namun akibat adanya penambahan  lantai bangunan, kondisi  mulai beruba, khusunya  tepat di depan bangunan yang dimaksud mengalmi  kemiringan.

“Dulu sebelum adanya penambangan lantai, kondisi tanah  pada disekitar bangunan tidak turun,  tetapi setelah ada penambahan  lantai ,  trotoar mulai  miring. Ini harus cepat disikapi oleh instansi terkait, sehingga tidak menjadi musibah dikemudian hari,” pinta warga itu.

Dirinya lantas meminta, Dinas Tata Kota Ambon  segera  melakukan peninjauan lokasi  sejumlah bangunan dikawasan Jalan Pala, agar dapat mengambil langka-langka antisipasi kedepan. (CIK)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top