Pipa Bocor, Tangki BBM Di Wayame Terbakar – Rakyat Maluku
PRO-BISNIS

Pipa Bocor, Tangki BBM Di Wayame Terbakar

Terminal Bahan Bakar Minyak  (TBBM) Wayame Pertamina MOR VIII Maluku-Papua   Hari Ini Selasa 30 Agustus menjadi salah satu lokasi  dilakukannya  simulasi penanggulangan Keadaan Darurat yang dipimpin langsung oleh Operation Head TBBM Wayame.

Dalam simulasi nanti, diperagakan terjadinya kebocoran pada pipa fleksible ketika penyaluran BBM Solar dari kapal ke Tangki solar 57000 Kilo Liter (KL) yang berakibat kebakaran pada area Bundwall dan Tangki. Saat insiden tersebut Tim organisasi Keadaan Darurat (OKD) MOR VIII dengan sigap langsung melakukan penanggulangan kebakaran dan operasional perusahan di stop sementara. Sebab selain terjadinya kebakaran juga terdapat tumpahan minyak pada dermaga 3 TBBM Wayame.

Merespon insiden itu, Tim Fire Brigade atau pemadam kebakaran akan melakukan beberapa cara penanggulangan paparan panas dengan penyemprotan secara manual maupun menggunakan water sprinkle dan foam chamber kepada tangki yang terbakar dan tangki-tangki yang berada di sekitar agar kebakaran tidak meluas, Sementara untuk tumpahan minyak disiapkan oil boom serta oil skimmer sehingga lokasi perairan pun dapat dikendalikan.

Pada kesempatan simulasi nantinya, juga akan diperagakan unjuk rasa dari warga atas insiden tersebut. Namun untuk memberikan penjelasan secara rinci pihak pertamina kemudian mengundang perwakilan masyarakat guna dilakukan rapat bersama. Akhirnya ketiga insiden yang terjadi beruntun itu dapat diatasi dengan baik.

Menurut General Manager Marketing Operation Region VIII Maluku Papua Eldi Hendry melalui Operation Head Depot TBBM Wayame Alexander Bangung dalam penjelasanya mengatakan,kegiatan simulasi organisasi Keadaan Darurat-OKD bertujuan untuk mengukur kecepatan kinerja Tim OKD dalam menghadapi situasi darurat. Sehingga antisipasi dapat dilakukan secara cepat dan penyaluran BBM ke masyarakat tetap dapat berjalan normal .”Kegiatan Simulasi ini kami lakukan sekali dalam setahun,”ujar Eldi. (CIK)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top