Aleg Ingatkan Karataker Walikota Ambon Netral Saat Pilkada – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Aleg Ingatkan Karataker Walikota Ambon Netral Saat Pilkada

PEHELATAN  politik di Kota Ambon menjelang Pilkada mulai memanas. Walaupun Pilkada Kota Ambon baru akan berlangsung pada Februari 2017 mendatang, segala kemungkinan untuk mencapai kursi Walikota dan Wakil Walikota Ambon harus diantisipasi dari sekarang. Termasuk di dalamnya, dengan cara menggerakkan kekuatan politik dari dalam institusi pemerintah.

Setelah menerima mandat sebagai Karataker Walikota Kota Ambon, Frans Johanes Papilaja alias Angky, diminta agar bisa menetralisir para bawahannya, sehingga mereka tidak terlibat dalam politik praktis di Pilkada Kota Ambon. Penegasan ini disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Kota Ambon, James Maatita, kepada Rakyat Maluku, Kamis, 4 Agustus.

Menurut James, tugas Karataker Walikota Ambon untuk melanjutkan proses-proses pembangunan di Kota Ambon, sesuai visi dan misi walikota dan wakil walikota Ambon sebelumnya.

Target pembangunan Kota Ambon dalam batang tubuh APBD, harus bisa dieksekusi sesuai peruntukkannya. Langkah awal yang harus dilakukan yakni membangun koordinasi yang baik dengan seluruh SKPD dan Badan Pemkot Ambon.

Seluruh aparatur Pemerintahan Pemkot Ambon harus disterilkan dari kepentingan politik calon kepala daerah tertentu. Semua kebijakan dalam kepemimpinan karataker ini, harus bermuara pada kepentingan masyarakat dan daerah. “DPRD Kota Ambon selaku mitra akan mendukung seluruh langkah dan kebijakan yang diambil oleh karateker serta mengawasi secara ketat seluruh kebijakan yang ditempu nantinya. Kita juga memberikan dukungan politik bagi karateker untuk memberikan sangsi tegas apabila ada aparaturnya yang menggunakan kewenangan dan kekuasaan untuk kepentingan calon kepala daerah tertentu,” tegas dia.

Ia berharap, Frans mampu melaksanakan tugasnya selaku pimpinan Kota Ambon untuk menyukseskan proses pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon tahun 2017 nanti. “DPRD Kota Ambon berharap, stabilitas pemerintahan, politik dan keamanan terus terjaga secara baik. sehingga proses pemilihan walikota dan wakil walikota Ambon berlangsung sukses sesuai dengan asas demokrasi yang berlaku di Negara ini,” harap dia.
Sementara Ketua Fraksi Partai Golkar, Max Pattiapon, berharap, Frans mampu melanjutkan seluruh tugas dari Walikota dan Wakil Walikota Ambon sebelumnya yakni menyelesaikan masalah bencana alam yang melanda kota Ambon saat ini serta menata kembali proses pelayanan publik kepada masyarakat.

Lebih pentingnya, Frans mampu membangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan DPRD Kota Ambon dan menjaga independensi penjabat selama pilkada berlangsung di Kota Ambon. “Pilkada Kota Ambon harus sukses, ini tugas berat yang harus dijalani karateker saat ini,” kata Pattiapon.

Sedangkan Ketua Fraksi Hanura, Ahmad Horella, berharap, Frans mampu menjalankan mandat ini secara baik dan tidak keluar dari ketentuan yang berlaku. Karateker harus netral dan terus membangun membangun komunikasi dengan DPRD Kota Ambon. Apalagi lanjut ia, dalam waktu dekat ini akan dibahas APBD Perubahan dan pembahasan APBD Murni tahun 2017.

Untuk itu, komunikasi dengan DPRD harus terus dibangun demi kepentingan masyaraat dan daerah ini. Hal yang sama juga disampaikan Ketua Fraksi Gerindra, Johan Wattimena. Kata dia, Frans dalam pelaksanaan tugas sebagai karateker tidak keluar dari apa yang diamanatkan dalam SK Mendagri dan tupoksinya selaku karaketer. “Kalau pun itu mendesak dan dianggap urgen, maka mestinya dilakukan kordinasi dengan Kemendagri,” kata Wattimena. (R1)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top