STIKER LINE “Nyong Dan Nona” Hadirkan Ekspresi Khas Maluku – Rakyat Maluku
PRO-BISNIS

STIKER LINE “Nyong Dan Nona” Hadirkan Ekspresi Khas Maluku

Siapa yang sih yang gak kenal “emoji” atau gak pernah pakai stiker di sosial media untuk mengekspresikan diri dan berkomunikasi? Ribuan tahun lalu, ketika belum diciptakannya huruf, kata, dan kalimat di dunia, manusia berkomunikasi satu sama lain menggunakan simbol.

Untuk mendokumentasikan konten informasi mereka, baik itu untuk mencatat peristiwa atau untuk berkomunikasi, dahulu digunakan gambar dan simbol. Beberapa contohnya adalah simbol-simbol yang ada di piramid atau di candi borobudur.

Seiring berjalannya waktu, peradaban berkembang, akhirnya ditemukanlah huruf dan bahasa yang kedepan menjadi media komunikasi paling efektif. Namun seiring perkembangan teknologi komunikasi, kini kita mengenal sebuah “bahasa” baru yakni emoji, gambaran ekspresi menggunakan karakter visual. Emoji menggambarkan mimik muka, emosi, dan perasaan kita dengan mudah dan cepat. Apalagi ketika kita komunikasi tidak tatap muka, emoji ini bisa mengatur tone dari kalimat kita, apakah maksudnya bercanda, marah, serius, sedih, dan lain-lain.

Kini yang sedang menjadi tren di kalangan anak muda adalah komunikasi menggunakan stiker. Entah ini adalah sebuah kemajuan, atau kemunduran (karena kembali kebahasa simbol). Stiker ini lebih canggih daripada emoji yang hanya menampilkan mimik muka. Stiker berisikan karakter yang menampilkan emosi, mimik muka, dan simbol komunikasi yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari kita. Stiker membuat komunikasi jarak jauh kita bisa lebih ekspresif namun efisien (tidak harus mengetik banyak untuk membuat kalimat) dan kadang jauh lebih deskriptif dibandingkan kata-kata. Bahkan kini stiker sudah semakin canggih, ditampilkan dalam bentuk GIF (animasi bergerak).

Dengan variasi stiker yang semakin banyak dan semakin relevan dengan kehidupan kita, rasanya sangat mungkin sebuah percakapan di media online seperti LINE hanya berisikan stiker-stiker saja, tanpa menggunakan kata-kata. Apalagi mengingat visual dari stiker yang semakin bagus dan ada yang mengadopsi tokoh di dunia nyata sehingga lebih menarik untuk digunakan. Tapi kayaknya stiker belum bisa menggantikan peran huruf dalam dunia formal, hanya menjadi pelengkap untuk komunikasi jarak jauh saja.

Ngomong-ngomong tentang stiker, sudah pada download karakter “Nyong dan Nona” belum di LINE? Kalau ada yang belum, ayo buruan didownload. Kita buat chat kita lebih seru dengan berbagai ekspresi khas Maluku. (PRO)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top